TINGKAT HARAPAN MASYARAKAT TERHADAP BIDANG KESEHATAN DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Puskesmas merupakan unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan yang memiliki tanggung
jawab untuk menyelenggarakan pembanguan kesehatan di wilayah kerjanya. Sebagai
pusat penggerak pembangunan bidang kesehatan, puskesmas juga didorong untuk selalu
meningkatkan kinerjanya. Salah satu tolak ukur yang dapat digunakan puskesmas untuk
peningkatan kinerjanya adalah harapan masyarakat terhadap pelayanan yang
diselenggarakan puskesmas. Dengan mengetahui seberapa besar harapan masyarakat terhadap puskesmas, maka akan lebih mudah bagi pemerintah dalam mewujudkan
kepuasan masyarakat khususnya di bidang kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah
mengukur tingkat harapan masyarakat terhadap kinerja puskesmas berdasarkan
reliability, responsiveness, assurance, emphathy, tangibles, assesibility, availability,
continuity, keuangan, humanitas, ketersediaan informasi, dan kenyamanan lingkungan,
serta kompetensi petugas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey dengan
pendekatan kuantitatif. Harapan masyarakat pada penelitian ini dibagi menjadi 5 kategori
yakni: Sangat rendah, rendah, biasa saja, tinggi, dan sangat tinggi. Berdasarkan hasil
penelitian diketahui bahwa harapan masyarakat terhadap pelayanan puskesmas berada
pada level tinggi. Hal ini dapat disimpulkan dari hasil survey dimana sebagian besar
masyarakat menilai 11 dari 13 variabel penilaian puskesmas merupakan suatu hal yang
penting. Variabel tersebut diantaranya : reliability (42,69%), responsiveness (43,8%),
assurance (43,93%), emphathy (53,07%), tangibles (48,6%), assesibility (36,27%),
availability (52,84%), continuity (35,4%), humanitas (46,13%), dan kenyamanan
lingkungan (48,27%), dan kompetensi petugas (49,75%), sedangkan 2 variabel sisanya
yakni: keuangan (35,6%) dan ketersediaan informasi (41,47%) dinilai sebagai hal yang
biasa saja.
Kata kunci : puskesmas, kinerja, harapan.