PENGETAHUAN DAN IMPLEMENTASI CAREGIVER DALAM PENGASUHAN ANAK ADHD: STUDI KUALITATIF

  • Ana Puspita Indah Rumah Sakit Soerojo Hospital, Jl. Ahmad Yani No.169, 56115 Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Muhammad Rofi Arrozaqi Rumah Sakit Soerojo Hospital, Jl. Ahmad Yani No.169, 56115 Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Budhi Nirmalajati Rumah Sakit Soerojo Hospital, Jl. Ahmad Yani No.169, 56115 Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Ismiyati Isidora Rumah Sakit Soerojo Hospital, Jl. Ahmad Yani No.169, 56115 Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Wahyu Triatmojo Rumah Sakit Soerojo Hospital, Jl. Ahmad Yani No.169, 56115 Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Ery Surya Sevriana Rumah Sakit Soerojo Hospital, Jl. Ahmad Yani No.169, 56115 Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Rayi Citra Ayu Pangestuti Rumah Sakit Soerojo Hospital, Jl. Ahmad Yani No.169, 56115 Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia

Abstract

Gangguan perkembangan saraf yang ditandai dengan kurangnya perhatian, hiperaktif, dan impulsif pada anak, yang disebut Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), menyebabkan anak ADHD menghadapi kesulitan dalam segala aspek kehidupan. Namun, hal ini dianggap sebagai beban bagi anggota keluarga atau orang-orang di sekitarnya. Meskipun demikian, peran keluarga atau caregiver sangat berpengaruh dalam memperbaiki kondisi anak ADHD. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pengetahuan caregiver dalam merawat anak ADHD. Penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam dilakukan di RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang pada bulan Juni hingga November 2022. Partisipan penelitian dipilih secara purposive sampling dan diperoleh 8 informan yang merupakan caregiver anak ADHD. Pada penelitian ini didapatkan empat tema utama mengenai pengetahuan caregiver dalam mengasuh anak ADHD, meliputi: sumber pengetahuan, definisi dan gejala ADHD, peran caregiver dalam merawat anak ADHD, dan penanganan ADHD. Semua informan tidak memiliki pengetahuan pasti tentang definisi ADHD tetapi mampu mengidentifikasi beberapa gejala dan penyebab ADHD. Informan juga memiliki pengetahuan tentang perannya dan menerapkannya dalam pengasuhan anak ADHD, meskipun mereka seringkali menghadapi beberapa kendala.

References

1] Adiputra, I.M.S. et al. (2021) ‘Risk factors of attention deficit hyperactivity disorder (ADHD): Literature Review’, Bali Med J, 8(1), pp. 35–44. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.36376/bmj.v8i1.167.
2] Adiputra, I.M.S., Trisnadewi, N.W.T. and Parlin, G.A.K.U. (2018) ‘Gambaran Tingkat Pengetahuan Keluarga Tentang ADHD di PAUD Kecamatan Denpasar Utara’, Bali Medika Jurnal, 5(1). Available at: https://doi.org/10.36376/bmj.v5i1.15.
3] American Psychiatric Association (2013) Diagnostic and statistical manual of mental disorders fifth edition (DSM-5). 5th Editio. America.
4] Astini, P.S.N., Utami, K.C. and Parwati, K.F. (2014) ‘Pengalaman Orang tua Dalam Merawat Anak Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas’, Politeknik Kesehatan Denpasar [Preprint].
5] Basuki (2017) Pengetahuan dan Pendidikan. Jakarta.
6] BKKBN (2017) Providing and Implementing of Character Values Through 8 Family Functions. Available at: https://bimbinganperkawinan.kemenag.go.id/wp-content/uploads/2020/03/Buku-8-Fungsi-Keluarga.pdf.
7] Chairil, N.B., Permata, P. and Hartiningsih, S.S. (2022) ‘Gambaran Pengetahuan Orang Tua Tentang Penyakit Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Terhadap Anak’, Jurnal Sehat Masada, 16(2), pp. 410–414.
8] Davis, C.C. et al. (2012) ‘Putting Families in the Center: Family Perspectives on Decision Making and ADHD and Implications for ADHD Care’, Journal of Attention Disorders, 16(8). Available at: https://doi.org/10.1177/1087054711413077.
9] Esalini, I.A.P.L. and Lesmana, C.B.J. (2019) ‘Tingkat Kemandirian Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder Dengan Terapi Perilaku Di Yayasan Mentari Fajar Jimbaran Badung’, E-Jurnal Medika Udayana, 8(5).
10] Feldman, M.E., Charach, A. and Bélanger, S.A. (2018) ‘ADHD in Children and Youth: Part 2-Treatment’, Paediatrics and Child Health (Canada), 23(7). Available at: https://doi.org/10.1093/pch/pxy113.
11] Fitri, I.., Nurbadriah, W.. and Kumalasari, G. (2020) ‘Hubungan Tingkat Pengetahuan Keluarga Dengan Tingkat Resiko Gpph Di Tk Muslimat NurulAnwar Desa Talangagung’, Journal Of Applied Nursing (Jurnal Keperawatan Terapan), 19. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.31290/jkt.v6i01.1463.
12] Gerdes, A.C. et al. (2021) ‘Parental ADHD Knowledge in Latinx Families: Gender Differences and Treatment Effects’, Journal of Attention Disorders, 25(14). Available at: https://doi.org/10.1177/1087054720951853.
13] Irwin, L.N. et al. (2021) ‘Activities of Daily Living and Working Memory in Pediatric Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD)’, Child Neuropsychology, 27(4). Available at: https://doi.org/10.1080/09297049.2020.1866521.
14] Juniar, S. and Setiawati, Y. (2014) Buku pedoman deteksi dini gangguan pemusatan perhatian/hiperaktivitas (GPPH). Sidoarjo: Dwiputra Pustaka Jaya.
15] Laugesen, B. and Groenkjaer, M. (2015) ‘Parenting experiences of living with a child with attention deficit hyperactivity disorder: a systematic review of qualitative evidence’, JBI database of systematic reviews and implementation reports. Available at: https://doi.org/10.11124/jbisrir-2015-2449.
16] Li, Y. et al. (2019) ‘The Relationship Between Parenting Styles Practiced By Grandparents And Children’s Emotional And Behavioral Problems’, Journal of Child and Family Studies, 28(7). Available at: https://doi.org/10.1007/s10826-019-01415-7.
17] Ministry of Communication and Information Technology Indonesia, . (2018) APJII Survey Results on Internet User Penetration and Behavior 2017, Ministry of Communication and Information Technology Indonesia. Available at: https://www.kominfo.go.id/content/detail/12638/hasil-survei-penetrasi-dan-perilaku-pengguna-internet-2017-apjii/0/download.
18] Notoatmodjo, S. (2005) ‘Pengertian Pengetahuan Menurut Notoatmodjo’, Rineke Cipta [Preprint].
19] Nurinawati, S., Purba, F.D. and Qodariah, L. (2021) ‘Kualitas hidup pada ibu dari anak dengan attention deficit hiperactivity disorder’, Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 9(2). Available at: https://doi.org/10.22219/jipt.v9i2.15431.
20] Prasanti, D. (2017) The Portrait of Media Health Information For Urban Community in The Digital Era, JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi. Available at: https://doi.org/10.33164/iptekkom.19.2.2017.149-162.
21] Rizky, E., Noor, I. and Fadhila, M. (2021) ‘Faktor Psikologis Yang Mempengaruhi Proses Terapi Anak Dengan Autisme’, Jurnal Al-Husna, 1(1). Available at: https://doi.org/10.18592/jah.v1i1.3513.
22] Setiawati, Y. (2020) Penanganan Gangguan Belajar, Emosi, dan Perilaku pada Anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD): Modul Pelatihan. Airlangga University Press.
23] Sonia, G. and Apsari, N.C. (2020) ‘Pola Asuh Yang Berbeda-Beda dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak’, Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1). Available at: https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.27453.
24] Subandi, A. and Rusana, R. (2014) ‘Pengalaman Orang Tua dalam Mengasuh Anak dengan Attention Deficit Hyperactive Disorders (ADHD)/Hiperaktif’, Jurnal Kesehatan Alirsyad (JKA), V(I), pp. 50–60. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.34035/jk.v12i2.772.
25] Sugiarto, E. (2015) ‘Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis’, Penelitian [Preprint], (Yogyakarta : Suaka Media).
26] Syamsuddin (2013) ‘Mengenal Perilaku Tantrum Dan Bagaimana Mengatasinya; Understanding Tantrum Behavior And How To Solve It.’, Informasi, 18(02).
27] Taylor, L.E. and Antshel, K.M. (2021) ‘Factors Associated with Parental Treatment Attitudes and Information-Seeking Behaviors for Childhood ADHD’, Journal of Attention Disorders, 25(4). Available at: https://doi.org/10.1177/1087054718821734.
28] Utami, R.D.L.P. et al. (2021) ‘Pengalaman Orang Tua Dalam Merawat Anak Dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)’, Jurnal Kesehatan Kusuma Husada [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.34035/jk.v12i2.772.
Published
2023-12-31
How to Cite
INDAH, Ana Puspita et al. PENGETAHUAN DAN IMPLEMENTASI CAREGIVER DALAM PENGASUHAN ANAK ADHD: STUDI KUALITATIF. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, [S.l.], v. 19, n. 4, p. 257-266, dec. 2023. ISSN 2684-7035. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/IKESMA/article/view/43799>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/ikesma.v19i4.43799.
Section
ARTICLES