PENYULUHAN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN METODE CERAMAH DAPAT MENINGKATKAN PENCEGAHAN TUBERKULOSIS

  • Budi Yanti Fakultas Kedokteran, Universitas Syiah Kuala, Kopelma Darussalam 23111, Banda Aceh, Aceh Indonesia
  • Teuku Heriansyah Fakultas Kedokteran, Universitas Syiah Kuala, Kopelma Darussalam 23111, Banda Aceh, Aceh Indonesia
  • Muhammad Riyan Fakultas Kedokteran, Universitas Syiah Kuala, Kopelma Darussalam 23111, Banda Aceh, Aceh Indonesia

Abstract

Abstrak


Tuberkulosis merupakan suatu penyakit menular yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Provinsi Aceh termasuk kedalam delapan besar angka kejadian tuberkulosis tertinggi di Indonesia. Penyakit ini menjadi ancaman khusus bagi tempat tertentu dengan lingkungan yang padat. Penelitian ini bertujuan untuk menilai perbedaan metode penyuluhan terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku pencegahan penyakit tuberkulosis. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimen Non Equivalent control group dengan dua kelompok yaitu kelompok perlakuan dan kontrol pada santri laki-laki kelas sepuluh di Dayah Terpadu Inshafuddin Banda Aceh. Perlakuan yang diberikan adalah penyuluhan melalui penyampaian materi dengan media audio visual melalui metode ceramah yang dijelaskan langsung oleh dokter ahli. Waktu yang digunakan untuk penyuluhan ini berlangsung selama 1 jam dengan menggunakan peralatan presentasi seperti proyektor, sementara pada kelompok kontrol penyuluhan hanya menggunakan leaflet. Penelitian ini telah mengumpulkan keseluruhan responden yaitu 60 santri tingkat Sekolah Menengah Atas terdiri dari 30 santri laki-laki pada kelompok perlakuan dan 30 santri laki-laki pada kelompok kontrol dan ditemukan paling banyak usia 15 tahun (85%). Pada kelompok perlakuan didapatkan peningkatan pengetahuan; skor maksimal (18) sebelum perlakuan dan skor maksimal (20) sesudah perlakuan, peningkatan sikap; skor maksimal (63) sebelum perlakuan dan skor maksimal (86) sesudah perlakuan, dan peningkatan perilaku skor maksimal (62) sebelum perlakuan dan skor maksimal (86) sesudah perlakuan. Penelitian ini menunjukkan perbedaan signifikan peningkatan pengetahuan, sikap, dan perilaku setelah diberikan perlakuan (p<0.05). Penyuluhan menggunakan media audio visual melalui metode ceramah dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku pencegahan TB di lingkungan pesantren sehingga hal ini dapat membantu program pengendalian TB Nasional.


Kata Kunci: Penyuluhan, Tuberkulosis, Pengetahuan, Sikap, Perilaku

References

1] Afisatulia, I. and Fitria, S. (2020) ‘Peta Distribusi Frekuensi Kasus Tb Paru Di Puskesmas Purwoyoso Tahun 2017-2018’, 19(1), pp. 180–195.
2] Amdad, Detty Siti Nurdiati and Triratnawati, A. (2017) The gateway to understanding epidemiology, biostatistics, and research methods, Epidemiologi Indonsia.
3] Arifin, S. et al. (2020) ‘Penerapan Program Bina Rumah Sehat Untuk Percepatan Status Kesehatan Anak Tb’, Pro Sejahtera , 2(2015), pp. 43–51.
4] Astagini Reni Dyanasari Universitas Pembangunan Jaya Kampus -UPJ Jl Boulevard Bintaro Sektor, N.I. and Jaya -Tangerang Selatan, B. (no date) PEMBENTUKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN MELALUI KOMUNITAS VIRTUAL (STUDI KASUS: KOMUNITAS @idberkebun).
5] Astuti, S. (2013) ‘Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Masyarakat terhadap Upaya Pencegahan Penyakit Tuberkulosis di RW 04 Kelurahan Lagoa Jakarta Utara Tahun 2013’.
6] Audie, N. (2019) ‘Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), pp. 586–595.
7] Ayuningsih, N. et al. (2014) PENGARUH PENYULUHAN TENTANG HIV/AIDS TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA DI SMA NEGERI 1 MANADO.
8] Boum, Y. et al. (2014) ‘Male Gender is independently associated with pulmonary tuberculosis among sputum and non-sputum producers people with presumptive tuberculosis in Southwestern Uganda’, BMC Infectious Diseases, 14(1), p. 638. Available at: https://doi.org/10.1186/s12879-014-0638-5.
9] Citrawathi, D.M. (2014) ‘Pengembangan Model Pendidikan Kesehatan Integratif dan Kolaboratif di Sekolah’, Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV, pp. 223–230.
10] Codlin, A.J. et al. (2011) ‘Short report: Gender differences in tuberculosis notification in Pakistan’, American Journal of Tropical Medicine and Hygiene, 85(3), pp. 514–517. Available at: https://doi.org/10.4269/ajtmh.2011.10-0701.
11] Depkes RI (2018) InfoDatin Tuberculosis. Available at: www.who.int/gho/mortality_burden_disease/cause_death/top10/en/.
12] Endrawati, E. (2016) ‘Penerapan Komunikasi Kesehatan Untuk Pencegahan Penyakit Leptospirosispada Masyarakat Desa Sumberagung, Kecamatan Moyudan, Sleman, Yogyakarta’, Jurnal Komunikasi, 7(1), pp. 1–25. Available at: https://doi.org/10.24912/jk.v7i1.4.
13] Frieden, T.R., Brudney, K.F. and Harries, A. (2014) Global tuberculosis: Perspectives, prospects, and priorities, JAMA - Journal of the American Medical Association. Available at: https://doi.org/10.1001/jama.2014.11450.
14] Hadifah, Z. et al. (2017) ‘Profil Penderita Tuberkulosis Paru Di Tiga Puskesmas Wilayah Kerja Kabupaten Pidie Propinsi Aceh’, Sel Jurnal Penelitian Kesehatan, 4(1), pp. 31–44. Available at: https://doi.org/10.22435/sel.v4i1.1446.
15] Haryoko, S. (2009) Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran.
16] Hayati, U.F., Fevriasanty, F.I. and Choiriyah, M. (2018) The Effect Of Health Education With Audio-Visual Media Toward External Genital Hygiene Behaviors To Pregnant Women In Primary Health Care Of Malang Working Area, Jurnal Ilmu Keperawatan. Available at: www.jik.ub.ac.id.
17] Herlina., & Klemens. (2017) ‘Hubungan Pengetahuan, Pendidikan dan Sosial Ekonomi dengan Konstruksi Sumur Gali di Desa Kasang Pudak di Wilayah Kerja Puskesmas Muara Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2013.’, Scientia Journal, 2(2), pp. 86–90.
18] Van den Hof S, Najlis CA, Bloss E, Straetemans M (2010) A systematic review on the role of gender in tuberculosis control. KNCV Tuberculosis Foundation
19] Jateng BBSSP (2015) ‘ Penanggulangan TB di Pondok Pesantren.’
20] Jiménez-Corona, M.-E. et al. (2006) ‘Gender differentials of pulmonary tuberculosis transmission and reactivation in an endemic area’, Thorax, 61(4), p. 348. Available at: https://doi.org/10.1136/thx.2005.049452.
21] Joint United Nations Programme on HIV/AIDS. and World Health Organization. (2004) National AIDS programmes : a guide to indicators for monitoring and evaluating national HIV/AIDS prevention programmes for young people. World Health Organization.
22] Karim, F et al. (2008) Female-male differences at various clinical steps of tuberculosis management in rural Bangladesh, INT J TUBERC LUNG DIS.
23] Kemenkes RI (2018) Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar.
24] Lestari, A.D. and Sundayani, L. (2020) ‘Pengaruh Penyuluhan dengan Media Video dan Leaflet terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang Risiko Pernikahan Dini di Lingkungan Gerung Butun Timur Tahun 2018’, Jurnal Midwifery Update (MU), 1(2), p. 79. Available at: https://doi.org/10.32807/jmu.v1i2.64.
25] Li, Y. et al. (2014) ‘Framework of behavioral indicators for outcome evaluation of TB health promotion: a Delphi study of TB suspects and Tb patients’, BMC Infectious Diseases, 14(1), p. 268. Available at: https://doi.org/10.1186/1471-2334-14-268.
26] Linasari (2017) Pengaruh Penggunaan Media Poster Dan Leaflet Terhadap Pengetahuan Siswa Sma Di Bandar Lampung Tentang Karies Gigi. Jurnal Keperawatan.
27] Marisa, N. et al. (2019) Angka Konversi BTA+ Pasca Pengobatan Fase Intensif pada Penderita Tuberculosis Paru di Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh.
28] Maulana, H.D.J. (2009) Promosi Kesehatan. EGC.
29] Misbah, D., Surya, M. and Maskur (2017) ‘Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Yang Berbasis Power Point Model Pop Up Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kosakata Mata Pelajaran Arab’, Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(September), pp. 404–417.
30] Mohivanussholihin, Yuswati Ningsih, E. and Yosdimyati, L. (2018) Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Sikap San Tri Dalam.
31] Monica, S., Y.M. and M.M. (2014) ‘Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Mencuci Tangan Pada Anak Sekolah Dasarnegeri 03 Kertajaya Padalarang’, Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(No.1), p. 10.
32] Muthia F, Fitriangga A, RSA SNY (2015) Perbedaan Efektifitas Penyuluhan Kesehatan menggunakan Metode Ceramah dan Media Audiovisual (Film) terhadap Pengetahuan Santri Madrasah Aliyah Pesantren Khulafaur Rasyidin tentang TB Paru T. J Cerebellum 2(No. 4):646–56
33] Nataprawira, H.M.N. et al. (2018) ‘The influence of poster and leafletintervention to knowledge, attitude, and behavior toward tuberculosis of boarding school students in karawang district’.
34] National AIDS Programmes (2000) A guide to monitoring and evaluation. In Geneva: Joint United Nations Programme on HIV/AIDS (UNAIDS). Available at: http://www.unaids.org.
35] Nemade, D., Anhenaya, S. and Gujar, R. (2009) ‘Impact of health education on knowledge and practices about menstruation among adolescent school girls of Kalamboli Navi-Mumbai.’, Health and population; perspectives and issues, 32, pp. 167–175.
36] Notoatmodjo, S. (2010) Promosi Kesehatan: Teori dan Aplikasinya. Rineka Cipta.
37] Nurrita, T. (2018) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), p. 171. Available at: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.
38] Onifade, D.A. et al. (2010) ‘Gender-related factors influencing tuberculosis control in shantytowns: a qualitative study’, BMC Public Health, 10(1), p. 381. Available at: https://doi.org/10.1186/1471-2458-10-381.
39] Organization, W.H. (2016) Global tuberculosis report 2016. Geneva: World Health Organization. Available at: https://apps.who.int/iris/handle/10665/250441.
40] Purwono, J., Yutmini, S. and Anitah, S. (2014) ‘PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PACITAN’, 2(2), pp. 127–144. Available at: http://jurnal.fkip.uns.ac.id.
41] Putri, F., Priyadi, P. and Syamsulhuda, B. (2017) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Praktik Phbs Pencegahan Penyakit Tb Paru Pada Santri Di Pondok Pesantren Nurul Hasan Kabupaten Magelang’, Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, 5(3), pp. 527–539.
42] Rahman, F. et al. (2017) ‘Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Tentang Upaya Pencegahan Tuberkulosis’, Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 13(2), p. 183. Available at: https://doi.org/10.30597/mkmi.v13i2.1993.
43] Rohmah, N. and Syahrul, F. (2017) ‘Pengetahuan dan Tindakan Pencegahan Penularan Penyakit Tuberkulosa Paru pada Keluarga Kontak Serumah’, Jurnal Berkala Epidemologi, (April 2016), pp. 85–94. Available at: https://doi.org/10.20473/jbe.v5i1.
44] Salsabila, S.T. (2019) ‘Edukasi Dengan Media Video Animasi Dan Powepoint Sayur Dan Buah’, Jurnal Riset Kesehatan, 11((No.1)), pp. 183–190.
45] Saputra, N. et al. (2020) ‘Health Promotion Preventing of Tuberculosis Disease and Free Medical Treatment At Sabilunnajat Boarding’, (1), pp. 37–40.
46] Smith, G.S. et al. (2015) ‘Cigarette smoking and pulmonary tuberculosis in northern California’, Journal of Epidemiology and Community Health, 69(6), p. 568. Available at: https://doi.org/10.1136/jech-2014-204292.
47] Soekidjo, N. (2014) Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan.
48] Sudarti, D.O. (2019) ‘Kajian Teori Behavioristik Stimulus Dan Respon Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa’, 16(2).
49] Sumangkut M, R.S.K.M. (2014) ‘Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Tentang Gastritis Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Pencegahan Gastritis Pada Remaja Di Sma Negeri 7 Manado’, . J Keperawatan UNSRAT , 2((No. 2):111341.).
50] Sumarti, Pargito and Trisnaningsih (2014) Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar. Available at: http://www.novapdf.com/.
51] Utari, W., Arneliwati and Novayelinda, R. (2014) ‘Pengetahuan Keluarga Tentang Infeksi Saluran Pernapasan Akut ( Ispa )’, Jurnal Online Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau, pp. 1–7.
52] Wardani, R. (2013) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Ibu Dalam Memilih Makanan Sehari ?? Hari Dalam Keluarga Di Rt 25 Rw 09 Lingkungan Tirtoudan Kelurahan Tosaren’, Jurnal EduHealth, 3(2), p. 245223.
53] Wicaksono D (2016) ‘Pengaruh Media Audio-Visual Mp-Asi Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Ibu Baduta Di Puskesmas Kelurahan Johar Baru’, ETHOS (Jurnal Penelitian dan Pengabdian) [Preprint], (291).
54] Wijayanti, T., Isnani, T. and Kesuma, A.P. (2016) ‘Pengaruh Penyuluhan (Ceramah dengan Power Point) terhadap Pengetahuan tentang Leptospirosis di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang Jawa Tengah’, Balaba: Jurnal Litbang Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang Banjarnegara, 12(1), pp. 39–46. Available at: https://doi.org/10.22435/blb.v12i1.4621.39-46.
55] Yanti, B. et al. (2020) ‘Community Knowledge, Attitudes, And Behavior Towards Social Distancing Policy As Prevention Transmission Of Covid-19 In Indonesia’, Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 8(2), p. 4. Available at: https://doi.org/10.20473/jaki.v8i2.2020.4-14.
56] Yanti, B. (2021) ‘Penyuluhan Pencegahan Penyakit Tuberkulosis (Tbc) Era New Normal’, Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, p. 325. Available at: https://doi.org/10.31604/jpm.v4i1.325-332.
Published
2022-09-30
How to Cite
YANTI, Budi; HERIANSYAH, Teuku; RIYAN, Muhammad. PENYULUHAN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN METODE CERAMAH DAPAT MENINGKATKAN PENCEGAHAN TUBERKULOSIS. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, [S.l.], v. 18, n. 3, p. 171-179, sep. 2022. ISSN 2684-7035. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/IKESMA/article/view/27147>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/ikesma.v18i3.27147.
Section
ARTICLES