PERSEPSI PASIEN MENGENAI KETEPATAN TINDAKAN RUJUKAN PESERTA BPJS KESEHATAN PADA MASA PANDEMI DI PUSKESMAS TAHUN 2020

  • Yuniko Ibnu Latif Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Jalan Kertamukti, Pisangan, Ciputat 15419, Tangerang Selatan, Indonesia
  • Fajar Ariyanti Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta

Abstract

Angka rasio rujukan Puskesmas ke rumah sakit di beberapa daerah di Indonesia relatif tinggi dan belum memenuhi standar ideal yaitu 15%. Hal ini juga terjadi pada Puskesmas Jurangmangu di Tangerang Selatan. Penyebab terjadinya masalah rujukan yaitu pasien yang memang ingin untuk dirujuk hingga kurangnya bahan habis pakai dan obat-obatan di puskesmas. Ketepatan tindakan rujukan dapat diketahui salah satunya dari persepsi. Persepsi masyarakat mengenai ketepatan rujukan secara umum dapat diketahui dari pengalaman rujukan ke fasilitas kesehatan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan persepsi pasien mengenai ketepatan tindakan rujukan peserta BPJS Kesehatan pada masa pandemi di Puskesmas Jurang Mangu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 123 pasien peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Jurang Mangu yang pernah dirujuk. Analisis data menggunakan uji chi-square dengan confidence interval 95%. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara informasi tentang rujukan (p-value=0,001) dengan persepsi pasien mengenai ketepatan tindakan rujukan peserta BPJS Kesehatan pada masa pandemi. Sedangkan variabel pengetahuan, sikap tenaga kesehatan, dan ketersediaan sarana prasarana tidak memiliki hubungan yang signifikan. Untuk itu, pihak puskesmas diharapkan dapat melakukan kerja sama dengan BPJS Kesehatan dan kader kesehatan untuk sosialisasi terkait rujukan BPJS Kesehatan dan dapat menyediakan media informasi mengenai layanan rujukan untuk pasien.

References

1] Alawi, M., Junadi, P. and Latifah, S.N. (2015) ‘Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingginya Rujukan Kasus Non Spesialistik Pasien Jaminan Kesehatan Nasional pada Puskesmas di Kabupaten Sukabumi Tahun 2015’.
2] Alfiani, F. and Nurwahyuni, A. (2014) ‘Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kasus Rujukan Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan KCU Bogor pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Kota Bogor Tahun 2014’.
3] Ansori, A. (2019) Sistem Kapitasi Puskesmas Perlu Dikaji Ulang.
4] BPJS Kesehatan (2014) ‘Panduan Praktis Sistem Rujukan Berjenjang’.
5] BPJS Kesehatan (2015) ‘Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Norma Penetapan Besaran Kapitasi dan Pembayaran Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama’.
6] BPJS Kesehehatan and Kementerian Kesehatan (2017) Peraturan Bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pembayaran Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan Pa.
7] Dwirayani, D. and Suciati, T. (2017) ‘Tingkat Persepsi Dan Faktor Yang Berhubungan Dengan Persepsi Masyarakat Terhadap Program Lumbung Pangan Desa (Suatu Kasus Di Desa Gegesik Kidul Dan Desa Bayanglangu Kidul Kabupaten Cirebon)’.
8] Hanifah, L., Suryoputro, A. and Arso, S.P. (2018) ‘Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Persepsi Terhadap Kualitas Layanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Via SMS Gateway di RSUD Tugurejo Semarang’, Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(5), pp. 104–116.
9] Kementerian Kesehatan (2012) ‘Peraturan Menteri Kesehatan No. 001 tahun 2012 tentang Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan Perorangan’.
10] Kementerian Kesehatan (2018) Upaya Indonesia Capai Universal Health Coverage di Tahun 2019. Available at: http://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20180502/4725818/upaya-indonesia-capai-universal-health-coverage-tahun-2019/ (Accessed: 12 November 2019).
11] Kurniawati, W. and Rachmayanti, riris diana (2018) ‘Identifikasi Penyebab Rendahnya Kepesertaan JKN Pada Pekerja Sektor Informal Di Kawasan Pedesaan’, Jurnal administrasi kesehatan Indonesia [Preprint].
12] Novayanti, D. et al. (2017) ‘Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat dalam Pembangunan Hutan Tanaman Rakyat pada KPH Gedong Wani’.
13] Omole, N.V., Mora, and Yunusa (2017) ‘Knowledge, attitude, and perception of the referral system among tertiary health-care workers in Kaduna metropolis, Nigeri’, International Journal of Medical Science and Public Health, 6(10), pp. 1481–1488.
14] Purwati (2017) ‘Pengambilan Keputusan dalam Pelaksanaan Rujukan Puskesmas sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama’.
15] Scaioli, G., Schafer and Boerma (2019) ‘Patient’s perception of communication at the interface between primary and secondary care: a cross-sectional survey in 34 countries’, BMC Health Services Research, 19(1018), pp. 2–11.
16] Setiati, S. and Azwar, M.K. (2020) ‘COVID-19 and Indonesia’, Acta Med Indones-Indones J Intern Med, 52.
17] Setyaningsih, Y. (2012) ‘Hubungan Anatara Persepsi Dengan Sikap Masyarakat Terhadap Pengobatan Komplementer Di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo’.
18] Siregar, N.A.S. (2018) ‘Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rujukan Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Puskesmas Sigambal Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2018’, Universitas Sumatera Utara [Preprint].
19] Susilo, A. et al. (2020) ‘Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini’, Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), p. 45. doi:10.7454/jpdi.v7i1.415.
20] WHO (2020a) Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), Situation Report - 42.
21] WHO (2020b) Coronavirus disease 2019 (COVID-19), Situation Report - 70.
22] Wijayanto, W.P. (2017) ‘Hubungan Pengetahuan dan Kemampuan Ekonomi Masyarakat terhadap Aksesibilitas BPJS’, Aisyah: Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(2), pp. 131–140.
Published
2021-10-12
How to Cite
LATIF, Yuniko Ibnu; ARIYANTI, Fajar. PERSEPSI PASIEN MENGENAI KETEPATAN TINDAKAN RUJUKAN PESERTA BPJS KESEHATAN PADA MASA PANDEMI DI PUSKESMAS TAHUN 2020. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 103-110, oct. 2021. ISSN 2684-7035. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/IKESMA/article/view/22446>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/ikesma.v17i2.22446.
Section
ARTICLES