Higiene dan Sanitasi Depot Air Minum Isi Ulang di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur : Kajian Deskriptif

  • Widatul Mila Fakultas Kesehatan Masyarakat, PSDKU Universitas Airlangga
  • Sayu Larasati Nabilah
  • Septa Indra Puspikawati

Abstract

Air adalah kebutuhan vital dalam kehidupan sehari-hari karena semua makhluk hidup membutuhkan air. Seiring berjalannya waktu, pemenuhan kebutuhan akan air minum bagi masyarakat sangat bervariasi. Kondisi ini membuat masyarakat memiliki alternatif lain untuk mengkonsumsi air minum yaitu air minum yang diproduksi oleh Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU). air minum isi ulang memiliki harga yang lebih murah namun tidak semua depot air minum isi ulang kualitasnya terjamin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan higiene sanitasi DAMIU di Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode observasi dan wawancara kepada pengelola atau karyawan depot air minum isi ulang yang menggunakan instrumen lembar observasi higiene dan sanitasi depot air minum yang diadopsi dari Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2014 tentang Higiene Sanitasi Depot Air Minum. Hasil menunjukkan terdapat 2 (6,67%) DAMIU yang tidak memenuhi syarat kelaikan fisik dan 28 (93,33%) DAMIU memenuhi syarat kelaikan fisik. Kesimpulan penelitan ini adalah kondisi higiene dan sanitasi di 30 DAMIU di Kecamatan Banyuwangi secara umum sudah baik, namun perlu dilakukan upaya pembinaan dan pengawasan secara intensif oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi terhadap Depot Air Minum Isi Ulang di Kecamatan Banyuwangi.

Published
2020-06-30
How to Cite
MILA, Widatul; NABILAH, Sayu Larasati; PUSPIKAWATI, Septa Indra. Higiene dan Sanitasi Depot Air Minum Isi Ulang di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur : Kajian Deskriptif. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 7 - 15, june 2020. ISSN 2684-7035. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/IKESMA/article/view/14841>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/ikesma.v16i1.14841.
Section
ARTICLES