HUBUNGAN ANTARA METODE MENGAJAR TUTOR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA PELATIHAN RIAS PENGANTIN ERNA KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN 2016

  • Moch Hadirul Baki Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Niswatul Imsiyah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract


Keberhasilan suatu pendidikan dan pelatihan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan metode pelatihan yang sesuai dengan tujuan pelatihan. Ketepatan dalam memilih dan menggunakan metode pelatihan yang digunakan oleh tutor sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta pelatihan. Metode pelatihan pada dasarnya dapat diartikan sebagai cara-cara yang perlu dipilih dan digunakan untuk mengoptimalkan ketercapaian tujuan pembelajaran. Dengan kata lain, metode pelatihan merupakan serangkaian cara untuk mengoptimalkan proses dan hasil belajar peserta pelatihan. Namun yang perlu diketahui adalah adakah hubungan antara metode mengajar tutor dengan hasil belajar peserta pelatihan. Sehingga perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara metode mengajar tutor dengan hasil belajar peserta pelatihan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, tekhnik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Dan selanjutnya dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa r hitung > r tabel, yakni 0,664 > 0,361, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara metode mengajar tutor dengan hasil belajar peserta pelatihan rias pengantin Erna Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun 2016.


 

Published
2018-05-25
How to Cite
BAKI, Moch Hadirul; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman; IMSIYAH, Niswatul. HUBUNGAN ANTARA METODE MENGAJAR TUTOR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA PELATIHAN RIAS PENGANTIN ERNA KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN 2016. Jurnal Edukasi Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 30-32, may 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/EDUMAS/article/view/8144>. Date accessed: 24 apr. 2019.