HUBUNGAN ANTARA EVALUASI MODEL CIPP DENGAN MOTIVASI WIRAUSAHA PADA PESERTA PELATIHAN DI PUSAT PELATIHAN MANDIRI KELAUTAN DAN PERIKANAN PERMATASARI KABUPATEN SITUBONDO

  • Carissa Septivani Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Niswatul Imsiyah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract


Evaluasi model CIPP adalah salah satu dari beberapa macam evaluasi yang dikenal dan diterapkan oleh para evaluator. Model ini dibutuhkan untuk mengevaluasi hasil akhir dari suatu program pelatihan yang sudah dilakukan melalui motivasi wirausaha. Hubungan antara evaluasi model CIPP dengan motivasi wirausaha pada peserta pelatihan sangatlah besar, tergantung bagaimana cara penerapannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara evaluasi model CIPP dengan motivasi wirausaha pada peserta pelatihan?, sehingga perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara evaluasi model CIPP dengan motivasi wirausaha pada peserta pelatihan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi tata jenjang dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan daerah menggunakan purposive area dengan jumlah responden 15 peserta pelatihan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan rumus Rank Spearman. Hasil dalam penelitian ini diperoleh rhitung sebesar 0,874 ≥ rtabel 0,506 dengan memberikan sumbangan antara evaluasi model CIPP dengan motivasi wirausaha sebesar 76,42%.


 

Published
2018-05-25
How to Cite
SEPTIVANI, Carissa; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman; IMSIYAH, Niswatul. HUBUNGAN ANTARA EVALUASI MODEL CIPP DENGAN MOTIVASI WIRAUSAHA PADA PESERTA PELATIHAN DI PUSAT PELATIHAN MANDIRI KELAUTAN DAN PERIKANAN PERMATASARI KABUPATEN SITUBONDO. Jurnal Edukasi Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 4-6, may 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/EDUMAS/article/view/8136>. Date accessed: 23 aug. 2019.