Strategi Spanyol dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan Mancanegara Sebagai Pemulihan Sektor Pariwisata Pasca Terdampak Pandemi COVID-19

  • Mutiara Balquis Pamuji Universitas Jember
  • Bagus Sigit Sunarko Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember
  • Supriyadi Supriyadi Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember

Abstract

Spanyol adalah salah satu negara yang mengandalkan pariwisata sebagai sumber pendapatan negara. Semenjak adanya pandemi COVID-19, pendapatan Spanyol pada sektor pariwisata menurun cukup drastis dibandingkan tahun-tahun sebelum ada pandemi COVID-19. Pada penelitian ini membahas mengenai strategi Spanyol dalam meningkatkan kedatangan wisatawan mancanegara ke Spanyol. Penelitian ini juga membahas dengan menggunakan konsep Public-Private Partnership dan Tourism Marketing. Public-Private Partnership digunakan untuk menjelaskan adanya kerjasama antara pemerintah dengan lembaga-lembaga non pemerintah dalam strategi Spanyol dalam meningkatkan wisatawan mancanegara. Sedangkan Tourism Marketing digunakan untuk bentuk-bentuk promosi dari Spanyol untuk meningkatkan wisatawan mancanegara. Berdasarkan hasil penelitian ini menujukkan bahwa keberhasilan Spanyol dalam meningkatkan kedatangan wisatawan mancanegara adalah dengan menjalin hubungan kerjasama yang harmonis antara pemerintah dengan lembaga-lembaga non pemerintah.

Published
2022-12-18
How to Cite
PAMUJI, Mutiara Balquis; SUNARKO, Bagus Sigit; SUPRIYADI, Supriyadi. Strategi Spanyol dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan Mancanegara Sebagai Pemulihan Sektor Pariwisata Pasca Terdampak Pandemi COVID-19. Electronical Journal of Social and Political Sciences (E-SOSPOL), [S.l.], v. 9, n. 4, p. 301-309, dec. 2022. ISSN 2830-3903. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/E-SOS/article/view/34874>. Date accessed: 22 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/e-sos.v9i4.34874.