Peran Pemerintah Desa dalam Upaya Pemberdayaan Mantan Pekerja Migran melalui Desa Peduli Buruh Migran (DESBUMI) Desa Dukuh Dempok, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember

  • Palupi Widyaswara Universitas Jember
  • Anastasia Murdyastuti Universitas Jember
  • Abul Haris Suryo Negoro Universitas Jember

Abstract

Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk memberdayakan masyarakat, salah satu bentuknya adalah memberdayakan mantan pekerja migran, yang ditujukan agar mantan pekerja migran bisa lebih mandiri dan mengembangkan potensi ataupun kemampuan yang dimiliki, sehingga tidak perlu kembali ke luar negeri untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Pemerintah Dukuhdempok melaksanakan tanggung jawab ini dengan membentuk Desa Peduli Buruh Migran (DESBUMI) sebagai wadah yang memudahkan pemerintah dalam melaksanakan pemberdayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Pemerintah Desa dalam Upaya Pemberdayaan Mantan Pekerja Migran melalui Desa Peduli Buruh Migran (DESBUMI) Desa Dukuhdempok. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan sifat deksriptif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Pemerintah Desa Dukuhdempok melakukan perannya sebagai enabler dimana pemberdayaan dilakukan dengan meningkatkan ability, capacity, dan capability mantan pekerja migran melalui DESBUMI dengan memberikan pelatihan, pemberian fasilitas, dan juga penyediaan modal.

Published
2022-12-13
How to Cite
WIDYASWARA, Palupi; MURDYASTUTI, Anastasia; NEGORO, Abul Haris Suryo. Peran Pemerintah Desa dalam Upaya Pemberdayaan Mantan Pekerja Migran melalui Desa Peduli Buruh Migran (DESBUMI) Desa Dukuh Dempok, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Electronical Journal of Social and Political Sciences (E-SOSPOL), [S.l.], v. 9, n. 3, p. 254-263, dec. 2022. ISSN 2830-3903. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/E-SOS/article/view/34757>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/e-sos.v9i3.34757.