Pengaruh Insentif terhadap Prestasi Kerja Karyawan Sales pada Dealer Banyuwangi Motor Genteng (The Influence of Incentive to the Work Performance of Sales Employee at Banyuwangi Motor Dealer, Genteng)
Abstract
Abstrac
t
De
a ler B an y u w ang i M o t o r is a c o m p an y e ng a g i n g in t h e s e r vice s ect o r es p e c i a lly in p ro vi d i n g a n d s elli n g
m o t o r ve h icles H ond a b r and f o r c on s u mer s In c en tive c o n t a i n s a p r o fe s s i ona l r e l a ti on s h i p T h e
em p l o y ee' s goa ls to w o r k a r eto f u lfill t h e em p l o y ees' life n e ed s an d to im p l e m e n t t h e c o m pany' s mi s s i o n
a n d vi s i o n T h e r e f o r e, em p l oy ees w ill b e r e w a r d ed in t h e f o r m o f i n c en tivewhich is su it ab le w i t h t h eir wor k
pe r f o r m a n ce a n d c o m p any Re qu i r em en t s T h is r e s e a r c h w a s a imed to k no w t h e effe c t o f i n c en tive o n s a les
em p l o yee s w o r k p e r f o r m a n ce at De a ler B a n y u w ang i M o t o r i n Ge n te ng . T h e a m o u n t o f i n c en tive g iven b y
t h e c o m p an y to s a les em p l o y e es w a s ba s ed o n t h e a c h i e vi n g t a r g et lev e l in e a c h m on t h w ith e a ch s a l e s
po s iti on . Sa les em p l o y e es’ w o rk p erf o r m an ce w a s s e e n f r o m t h e quan tity a c h iev e d t h a t w a s t h e t a r g et
w h ich excee d ed t h e c o m p a n y s r e qu i r eme n ts an d t h e t a s k e xec u ti o n b y p r o vi d i n g p r od u ct i n f o r m a ti o n
f r o m t h e c o m p an y to p r o s p e c tive c u s t o m e r s . T h is quan tit a tiv e r ese a r c h e m p l o y e d e xp l a na t ive app r oach 3 9
r es po nd e n ts w ere d etermi n ed b y u s i n g s im p le li n e a r r e g r e ss i o n ana lys is T h e me a s u reme n t tec h n i q u e in
t h is r e s e a r c h w a s li k e r t s c a le. T h e da ta w e re ana lyzed b y u s i n g v a li d ity t e s t, r eli ab ility t e s t, s im p le
li n i er r e g r e s s i o n ana lysi s h y po t h esis te s t, an d c o effic ie n t o f d etermi na ti o n R2 T h e r e s e a r ch r es u lts
i nd ic a ted t ha t i n c en tive h a d a s i gn ifi c an t effe c t o n s a les em p l o y e e s ’ w o r k p erf or m an ce a t De a l e r
B an y u w a n g i M o t o r in Ge n te ng . Hy p o t h esis v a l u e te s t ob t a i n ed t ha t i n c e n tive v a l u e ha d t c o u n t t t a bl e
2 3 5 7 2 02 6 a n d t h e s i gn ific a n ce v a l u e w a s 0 0 2 4 0 05 T h eref o r e, H0 w a s r ejecte d , an d Ha w a s
a c c e p te d T h e C o efficie n t V a l u e R 2 o f In c e n t ive v a r i ab le X to W o r k Ac h ie v eme n t Y v a r i ab le w a s
e qua l to 0 1 31 . T h is v a l u e i nd ic a ted t ha t i n c en tive a ffect e d w o r k p e r f o r m a n ce a s m u ch a s 13 1 %
w h i le t h e r em a i n i n g 86 9 w a s i n fl u e n c e d b y o t h er f a ct o r s excl ud e d in t h is r e s e a r c h.
K
ey w o r d s i nc e n tive, w o r k p e r f o r m a n ce s a les e m p l o y e es
Penulis yang mengusulkan naskahnya untuk dapat diproses penerbitannya pada e-SOSPOL dianggap telah menyetujui beberapa hal sebagai berikut:
1. Penulis tidak dapat menarik naskah yang telah usulkan untuk diproses hingga mendapat jawaban dari Ketua Dewan Penyunting atas status naskah artikel ilmiahnya (diterima atau ditolak untuk diterbitkan).
2. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap kasus plagiasi atas artikel yang terbit pada e-SOSPOL
3. Penerbit tidak bertanggung jawab atas data dan isi dari artikel yang diterbitkan pada e-SOSPOL, dan sepenuhnya merupakan tanggung jawab penulis.