Desain Alat Portable untuk Merekomendasikan Pemilihan Jenis Tanaman Berdasarkan Keasaman, Suhu, Kelembapan dan Warna pada Tanah dengan Fuzzy Inference System (FIS) Tipe Mamdani

  • Miftahur Rahman Universitas Trunojoyo Madura
  • Achmad Ubaidillah Ms Universitas Trunojoyo Madura
  • Hanifudin Sukri Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang sebagian besar kawasannya terdiri dari daerah perkebunan dan persawahan. Akan tetapi, kurangnya pengelolaan lahan yang baik dan benar menyebabkan pemerintah harus memberlakukan kebijakan impor karena hasil produksi pertanian belum bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri. Salah satu langkah untuk mengatasinya adalah dengan pertanian presisi atau pola pertanian modern dengan memanfaatkan teknologi untuk meminimalisir pengeluaran biaya namun dengan produktivitas yang tinggi. Untuk mendukung solusi ini, dibuatlah sebuah alat portable yang dapat membaca kondisi fisik tanah sehingga dapat merekomendasikan jenis tanaman yang cocok untuk ditanam pada tanah tersebut. Input dari alat ini berupa sensor pH, DS18B20, YL-69 dan TCS3200, setelah itu Mikrokontroler memproses nilai dari pembacaan sensor dengan menggunakan Fuzzy Inference System tipe Mamdani dan outputnya ditampilkan pada LCD yang berupa nilai pembacaan sensor serta jenis tanaman yang telah direkomendasian. Pada alat ini juga terdapat sebuah GPS U-blox Neo-6 sebagai penunjuk lokasi dan RTC DS3231 sebagai pencatat tanggal dan waktu, serta MicroSD untuk menyimpan data dari tanah yang telah diteliti. Hasil pengujian alat ini menghasilkan tingkat keberhasilan 90,98% dalam membaca kondisi fisik tanah serta perekomendasian jenis tanaman.
Kata Kunci — Fuzzy Inference System, Modern, Portable.

Published
2022-08-21
How to Cite
RAHMAN, Miftahur; MS, Achmad Ubaidillah; SUKRI, Hanifudin. Desain Alat Portable untuk Merekomendasikan Pemilihan Jenis Tanaman Berdasarkan Keasaman, Suhu, Kelembapan dan Warna pada Tanah dengan Fuzzy Inference System (FIS) Tipe Mamdani. Jurnal Arus Elektro Indonesia, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 38-46, aug. 2022. ISSN 2443-2318. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/E-JAEI/article/view/30295>. Date accessed: 29 jan. 2023. doi: https://doi.org/10.19184/jaei.v8i2.30295.
Section
Articles