Prototype Sistem Peringatan Dini Berbasis Iot (Internet Of Things) untuk Mitigasi Bencana Tsunami di Pantai Pancer, Puger

  • Ahmad Fauzil Akbar Universitas Jember
  • Widya Cahyadi Universitas Jember
  • Wahyu Muldayani Universitas Jember

Abstract

Industri 4.0 adalah konsep revolusi industri ke 4 yang menggabungkan teknologi otomasi dengan cyber technology. IoT merupakan salah satu pilar utama dalam perkembangan revolusi industri 4.0. Fondasi IoT dapat dianggap sebagai infrastruktur jaringan global yang terdiri dari banyak perangkat terhubung yang mengandalkan teknologi sensorik, komunikasi, jaringan, dan pemrosesan informasi. Mitigasi bencana adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. Pada penelitian ini akan dilakukan perancangan dan analisis kinerja prototype perangkat pendeteksi tsunami berbasis IoT akibat aktivitas gempa di bawah laut. Perubahan tinggi pasang surut air laut akan dimonitor secara real-time dan diolah sehingga dapat memberikan peringatan dini apabila parameter terjadinya tsunami terdeteksi. Dari analisa dan pengolahan data yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan prototype alat system peringatan dini tsunami yang telah dibuat bekerja dengan baik dan benar. Hal ini dibuktikan dengan sensor ultrasonic dapat membaca data, modul sim900 dapat mengirimkan data dan database dapat menyimpan data yang telah dikirimkan. 

Published
2023-05-02
How to Cite
AKBAR, Ahmad Fauzil; CAHYADI, Widya; MULDAYANI, Wahyu. Prototype Sistem Peringatan Dini Berbasis Iot (Internet Of Things) untuk Mitigasi Bencana Tsunami di Pantai Pancer, Puger. Jurnal Arus Elektro Indonesia, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 11-16, may 2023. ISSN 2443-2318. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/E-JAEI/article/view/30044>. Date accessed: 21 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jaei.v9i1.30044.
Section
Articles