Perancangan Power Supply Switching Dengan Power Factor Correction (PFC) Untuk Mengoptimalkan Daya Output Dan Pengaman Proteksi Hubung Singkat

  • Feridad Ainul Yaqin Universitas Trunojoyo Madura
  • Diana Rahmawati Universitas Trunojoyo
  • Achmad Fiqih Ibadillah Universitas Trunojoyo
  • Kunto Aji Wibisono Universitas Trunojoyo

Abstract

Power supply merupakan perangkat keras yang mampu menyalurkan tegangan listrik secara langsung dari sumber tegangan listrik PLN ke tegangan listrik yang lainnya. Peralatan power audio memerlukan power supply yang berdaya yang besar untuk menghasilkan suara yang besar dan tegangan drop yang rendah sehingga dapat memaksimalkan penggunaan energi listrik untuk konsumsi power audio. Power Supply Switching pada umumnya memiliki kekurangan seperti tegangan drop yang tinggi ketika dibebani, serta kurangnya tingkat efisiensi yang disebabkan tidak adanya rangkaian Power Factor Correction  (PFC), sehingga membuat faktor daya pada input power suplay rendah dan mengakibatkan output tidak maksimal. Pada penelitian ini membuat rancangan  Power Supply Switching yang akan dioptimalkan menggunakan topologi half bridge converter dan rangkaian PFC. Pada rangkaian PFC menggunakan IC FA5502 dengan Frekuensi 125 Khz lalu di serahkan dengan menggunakan dioda frekuensi tinggi dan di filter menggunakan kapasitor. Hasil penyerahan masuk ke half bridge converter mengunakan mosfet IRFP 460 dan dikontrol menggunakan IC SG3525 dengan frekuensi switching 79 KHz. Kemudian masuk ke trafo frekuensi tinggi untuk di konversikan ke tegangan rendah, setelah itu disearahkan menggunakan dioda frekuensi tinggi dan masuk kedalam rangkaian filter kapasitor. Power supply ini juga dilengkapi dengan rangkaian proteksi hubung singkat, sehingga jika terjadi hubung singkat maka power supply akan shut down. Dengan rancangan ini didapatkan bahwa power supply yang di buat memiliki drop tegangan yang rendah ini disebabkan karena adanya rangkaian feedback yang meregulasi tegangan outputnya serta terdapat proteksi hubung singkat untuk  mengamankan power supply dan power amplifier yang di supply jika terjadi hubung singkat.

Published
2021-08-01
How to Cite
YAQIN, Feridad Ainul et al. Perancangan Power Supply Switching Dengan Power Factor Correction (PFC) Untuk Mengoptimalkan Daya Output Dan Pengaman Proteksi Hubung Singkat. Jurnal Arus Elektro Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 42-50, aug. 2021. ISSN 2443-2318. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/E-JAEI/article/view/23674>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jaei.v7i2.23674.
Section
Articles