Rancang Bangun Komunikasi Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) Bagi Anak Tunarungu/Wicara berbasis Speech Recognition

  • Desy Fatjriyatun Teknik Elektro Universitas Trunojoyo Madura
  • Koko Joni Universitas Trunojoyo
  • Achmad Ubaidillah Universitas Trunojoyo
  • Miftachul ulum Universitas Trunojoyo
  • Riza Alfita Universitas Trunojoyo

Abstract

Abstrak


Komunikasi menjadi hal terpenting dan utama bagi kehidupanmmanusia dan tidak semua orang dapat menggunakan indra pendengarannya dengan sempurna. Penyembuhan terhadap indra pendengaran bukan solusi yang efektif. Dikarenakan terdapat dua faktor yang mempengaruhinya yaitu (1) faktor keturunan dan biaya yang dikeluarkan sangat mahal. Bahasa isyarat menjadi media komunikasi yang digunakan oleh anak tunarungu/wicara untuk meminimalisir keterbatasan yang mereka miliki berupa keterbatasan pengucapan dan pendengaran. SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) merupakan bahasa isyarat  yang baku sehingga memudahkan untuk berkomunikasi. Akan tetapi fakta dilapangan menunjukkan bahwa tidak semua dapat mengerti dan menggunakan bahasa isyarat. Sistem komunikasi yang berbasis speech recognition menjadi media  komunikasi yang tepat. Sistem ini dapat memudahkan berkomunikasi antara anak tunarungu/wicara dengan anak normal yang harapannya tidak ada lagi perbedaan atau diskriminasi terhadap anak berkebutuhan khusus. Pada penelitian ini kami menggunakan sistem pengenalan suara dan Model Hidden Markov (HMM). Cara kerja sistem ini yakni menggunakan input suara kemudian diproses oleh PC/Laptop. Adapun outputnya berupa teks kalimat dan video isyarat hasil terjemah dari input suara yang diberikan. Sofware yang kami gunakan ialah python 3.6.5 dan Qt-Designer sebagai interfacenya. Hasil penelitian menunjukkan tingkat akurasi yang dihasilkan sangat baik, sedangkan apabila terjadi noise disekitar maka tingkat akurasi menjadi sedikit berkurang yakni 85%. Dengan demikian penelitian memiliki nilai manfaat dan kontribusi kepada anak tunarungu/wicara. Media ini memudahkan siswa agar dapat berkomunikasi dengan anak normal pada umumnya.


 


Kata Kunci — Komunikasi, SIBI, Speech Recognition, Hidden Markov Model.


 


Abstract


Communication is the most important and foremost thing in human life, but not everyone can use their sense of hearing perfectly. The healing of sense of hearing is not an effective solution, because there are two factors that  influence it, namely (1) heredity and (2) the very expensive cost. Sign language is a communication medium used by deaf/mute children to minimize the limitations they have in the form of speech and hearing limitations. Sibi (Indonesian sign system) is a standard sign language that makes communication easier. However, the facts in the field show that not all normal children can understand and use sign language. So that, a communication system based on speech recognition is made. This system can make the communication between deaf/mute children and normal children becomes easier and it is expected that there will be no more differences or discrimination against children with special needs. In this study, we used a speech recognition system and the hidden markov model (HMM). The way this system works is using voice input which is then processed by a PC/laptop. The output is in the form of sentence text and sign video translated from the given voice input. The sofware we use is python 3.6.5 and Qt-Designer as the interface. The results of the study show a very good level of accuracy, while if there was noise around, the accuracy rate would be 85%. Thus, this study has the value of benefits and contributions to deaf/mute children to be able to communicate with normal children in general.


 


Keywords Communication, SIBI, Speech recognition, Hidden Markov Model.

Published
2021-08-01
How to Cite
FATJRIYATUN, Desy et al. Rancang Bangun Komunikasi Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) Bagi Anak Tunarungu/Wicara berbasis Speech Recognition. Jurnal Arus Elektro Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 35-41, aug. 2021. ISSN 2443-2318. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/E-JAEI/article/view/23614>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jaei.v7i2.23614.
Section
Articles