PERAN ENTREPRENEURIAL PASSION DAN ENTREPRENEURIAL PRESISTENCE DALAM MENJALANKAN KOPERASI BERBASIS ISLAMIC ENTREPRENURISHIP OLEH PENGURUS KOPERASI DI SULAWESI SELATAN

  • Kasnaeny Karim Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Imran Tajuddin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Sarminda Gusmitha Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Haisyah Hambali Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia

Abstract





Peran koperasi memiliki tantangan berat akibat menurunnya respon masyarakat terhdap koperasi, yang diakibatkan banyaknya kasus yang menimpa koperasi. Kondisi ini merupakan permasalahan sosial, diperparah juga oleh rendahnya minat berwirausaha anggota koperasi. Padahal UMKM diketahui mampu menyerap tenaga kerja sekitar 97 persen dan kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional sekitar 60%. Informasi awal diperoleh bahwa koperasi belum mampu bangkit, disebabkan kemampuan sumber daya manusianya (SDM) yang belum maksimal. Seseorang bergabung ke Koperasi hanya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari segi finansial dan tidak serius dalam mengelola koperasi sementara koperasi berperan sebagai  kewirausahaan sosial. Menurut kajian teoritis, dibutuhkan passion dalam bekerja dan kemampuan melihat peluang pasar. Urgensi penelitian ini, diperlukan sebagai kajian untuk memecahkan masalah rendahnya passion dan kegigihan berwirausaha (entrepreneurial presistence) pengelola koperasi agar dapat meningkatkan perkembangan koperasi di masyarakat berlandaskan kewirausahaan Islami (Islamic entrepreneurship). Temuan akan bermanfaat sebagai bahan referensi bagi pengurus koperasi dalam menyeleksi anggota yang ingin bergabung dan meningkatkan kemampuan berwirausaha secara Islami, disebabkan telah banyak dilakukan pelatihan pada pengelola untuk pengembangan koperasi, namun belum menampakkan hasil nyata. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda pada 100 orang sampel terpilih dari koperasi yang ada di Sulawesi Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa entrepreneurial passion dan entrepreneurial presistence berperan dalam menumbuhkan kemampuan pengurus koperasi dalam membentuk Islamic entrepreneurship.


 


 





Published
2024-11-30
How to Cite
KARIM, Kasnaeny et al. PERAN ENTREPRENEURIAL PASSION DAN ENTREPRENEURIAL PRESISTENCE DALAM MENJALANKAN KOPERASI BERBASIS ISLAMIC ENTREPRENURISHIP OLEH PENGURUS KOPERASI DI SULAWESI SELATAN. BISMA: Jurnal Bisnis dan Manajemen, [S.l.], v. 18, n. 3, p. 164-175, nov. 2024. ISSN 2623-0879. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BISMA/article/view/53424>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/bisma.v18i3.53424.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.