PERAN ENTREPRENEURIAL PASSION DAN ENTREPRENEURIAL PRESISTENCE DALAM MENJALANKAN KOPERASI BERBASIS ISLAMIC ENTREPRENURISHIP OLEH PENGURUS KOPERASI DI SULAWESI SELATAN
Abstract
Peran koperasi memiliki tantangan berat akibat menurunnya respon masyarakat terhdap koperasi, yang diakibatkan banyaknya kasus yang menimpa koperasi. Kondisi ini merupakan permasalahan sosial, diperparah juga oleh rendahnya minat berwirausaha anggota koperasi. Padahal UMKM diketahui mampu menyerap tenaga kerja sekitar 97 persen dan kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional sekitar 60%. Informasi awal diperoleh bahwa koperasi belum mampu bangkit, disebabkan kemampuan sumber daya manusianya (SDM) yang belum maksimal. Seseorang bergabung ke Koperasi hanya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari segi finansial dan tidak serius dalam mengelola koperasi sementara koperasi berperan sebagai kewirausahaan sosial. Menurut kajian teoritis, dibutuhkan passion dalam bekerja dan kemampuan melihat peluang pasar. Urgensi penelitian ini, diperlukan sebagai kajian untuk memecahkan masalah rendahnya passion dan kegigihan berwirausaha (entrepreneurial presistence) pengelola koperasi agar dapat meningkatkan perkembangan koperasi di masyarakat berlandaskan kewirausahaan Islami (Islamic entrepreneurship). Temuan akan bermanfaat sebagai bahan referensi bagi pengurus koperasi dalam menyeleksi anggota yang ingin bergabung dan meningkatkan kemampuan berwirausaha secara Islami, disebabkan telah banyak dilakukan pelatihan pada pengelola untuk pengembangan koperasi, namun belum menampakkan hasil nyata. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda pada 100 orang sampel terpilih dari koperasi yang ada di Sulawesi Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa entrepreneurial passion dan entrepreneurial presistence berperan dalam menumbuhkan kemampuan pengurus koperasi dalam membentuk Islamic entrepreneurship.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.