EFEKTIVITAS PERIKLANAN MOBIL TOYOTA DI MAKASSAR
Abstract
Peneltian ini difokuskan pada kegiatan pemasaran yang terkait dengan strategi periklanan dalam upaya mengoptimalkan efektivitas periklanan guna pencapaian keputusan pembelian. Fokus penelitian ini adalah memperolah bukti empirik tentang kinerja efektivitas periklanan mobil Toyota dan indikator-indikator efektifitas periklanan yang mempengaruhi keputusan pembelian mobil Toyota. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan alat analisis menggunakan EPIC model dan regresi linier berganda. Hasil analisis menggunakan EPIC model menunjukkan bahwa periklanan mobil Toyota berada pada rentang skala efektif dan uji statistik menunjukkan bahwa secara simultan indikator-indikator efektivitas periklanan yaitu pesan iklan (X1), pengenalan merek (X2), kepercayaan konsumen (X3), dan sikap konsumen (X4) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) pada F rasio sebesar 39.326 dengan tingkat signifikansi F< 0.05, selanjutnya secara parsial indikator-indikator efektifitas periklanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota. Adapun sikap konsumen (X4) berpengaruh negarif, namun signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.