Pengaruh Perlakuan Tanaman Azolla (Azolla microphylla) dan Bakteri Akuatik (Nitrobacter) Sebagai Fitoremediator pada Kontaminan Logam Berat Timbal (Pb)

  • Dian Ummu Abi Hanifah Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember, Indonesia
  • Tri Candra Setiawati Program studi ilmu tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Jember, Indonesia

Abstract

Produk pertanian merupakan sumber pokok utama untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia yang berasal dari kegiatan budidaya. Kegiatan budidaya mengalami permasalahan yaitu adanya alih fungsi lahan pertanian menjadi tempat industri. Kegiatan industri menghasilkan limbah yang mengandung logam berat dan dapat terakumulasi pada lahan pertanian melalui penggunaan air untuk irigasi. Logam berat timbal terkandung pada bahan input pertanian seperti pupuk kimia dan pestisida kimia. Bahan input pertanian yang mengandung timbal yaitu pupuk NPK sebesar 116,03 mg/kg. Timbal dapat terakumulasi pada air, tanah, dan jaringan tanaman. Tanaman yang mengandung timbal jika dikonsumsi menyebabkan keracunan, mengganggu kerja syaraf, hingga menyebabkan kematian dini. Permasalahan tersebut dapat diatasi melalui proses fitoremediasi dengan memanfaatkan tanaman hiperakumulator Azolla microphylla dan Bakteri akuatik (Nitrobacter). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 1 faktor berupa Azolla microphylla, Nitrobacter, dan kombinasi Azolla microphylla + Nitrobacter dengan konsentrasi Timbal 10 ppm.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan Azolla microphylla mampu menyerap logam baik yang ditunjukkan dengan kadar Pb pada media sebesar 1,009 ppm, dan pada jaringan tanaman 1,94 ppm. Perlakuan Nitrobacter mampu menurunkan kadar pb yang ditunjukkan pada media sebesar 0,795 ppm. Perlakuan kombinasi Azolla microphylla + Nitrobacter meninggalkan kadar Pb pada media sebesar 1,092 ppm dan pada jaringan 1,8 ppm. Proses penyerapan dan penguaraian Pb oleh Azolla microphylla dan Nitrobacter dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti nutrisi, suhu dan pH selama proses fitoremediasi.


 


Kata Kunci: Azolla microphylla, Bakteri Akuatik (Nitrobacter), Fitoremediasi dan Timbal

Published
2024-02-08
How to Cite
HANIFAH, Dian Ummu Abi; CANDRA SETIAWATI, Tri. Pengaruh Perlakuan Tanaman Azolla (Azolla microphylla) dan Bakteri Akuatik (Nitrobacter) Sebagai Fitoremediator pada Kontaminan Logam Berat Timbal (Pb). Berkala Ilmiah Pertanian, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 53-60, feb. 2024. ISSN 2338-8331. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BIP/article/view/44294>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/bip.v7i1.44294.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.