Pengaruh Komposisi Media Tanam dan Larutan Nutrisi Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Sawi Pagoda (Brassicaee Narinosa L.) pada Sistem Hidroponik Substrat

  • Moh Fachryansyah Program Studi Agronomi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember, Indonesia
  • Sigit Soeparjono Program Studi Agronomi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember, Indonesia

Abstract

Sawi pagoda adalah jenis sayuran yang berasal dari tiongkok, cina. Sawi pagoda merupakan salah satu jenis sawi yang berkerabat dekat dengan pakcoy (Brassica rapa subs. Chinensis). Kebutuhan sawi juga terus meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk. Upaya yang dapat dilakukan dengan membudidayakan menggunakan teknik hidroponik substrat dengan komposisi media yang tepat dan penambahan larutan nutrisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi komposisi media tanam dengan larutan nutrisi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi pagoda bertempat di Jl. Kaliurang Gg. Swadaya 3 No. 7 Sumbersari Jember pada bulan Agustus sampai September 2023. Penelitian ini dirancang menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan dua faktor perlakuan dengan 3 kali ulangan. Faktor pertama 4 taraf  komposisi media, faktor kedua 4 taraf komposisi larutan nutrisi, sehingga jumlah keseluruhan tanaman yang digunakan adalah 48 tanaman. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan ANOVA dan apabila terdapat pengaruh perlakuan yang berbeda nyata atau sangat nyata maka dilakukan uji lanjut dengan menggunakan uji Duncan DMRT pada taraf 95%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian media tanam dan larutan nutrisi berpengaruh nyata pada variabel terhadap diameter tajuk, berat basah akar dan klorofil daun, sedangkan faktor tunggal perlakuan media berpengaruh nyata pada pada berat basah akar, berat kering akar dan klorofil daun. Pada faktor tunggal perlakuan air kelapa berpengaruh nyata pada variabel diameter tajuk daun, jumlah daun, berat basah akar dan berat kering akar.

Published
2024-02-04
How to Cite
FACHRYANSYAH, Moh; SOEPARJONO, Sigit. Pengaruh Komposisi Media Tanam dan Larutan Nutrisi Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Sawi Pagoda (Brassicaee Narinosa L.) pada Sistem Hidroponik Substrat. Berkala Ilmiah Pertanian, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 1-7, feb. 2024. ISSN 2338-8331. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BIP/article/view/37863>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/bip.v7i1.37863.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.