Pengaruh Konsentrasi Nutrisi Hidroponik dan Air Kelapa sebagai Hormon Tumbuh terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L)

  • Dyta Romadhona Purwasita Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember
  • Sigit Soeparjono Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember

Abstract

Tanaman pakcoy merupakan salah satu jenis tanaman holtikultura yang banyak diminati oleh masyarakat. Masyarakat Indonesia masih sedikit yang membudidayakan tanaman pakcoy sehingga perlu untuk dikembangkan karena permintaan yang cukup banyak. Upaya yang dapat dilakukan dengan membudidayakan menggunakan teknik hidroponik dengan konsentrasi nutrisi yang tepat dan pemanfaatan hormon alami dari air  kelapa untuk  meningkatkan hasil  tanaman pakcoy.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil tanaman  pakcoy dengan memberikan nutrisi hidroponik dan air kelapa. Penelitian ini dilakukan di Desa  Sengonagung Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan mulai bulan Juni 2022  hingga  bulan Juli 2022.  Metode  yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) faktorial 2 faktor dalam rancangan dengan 3 kali ulangan. Faktor pertama 4 taraf konsentrasi air kelapa, faktor kedua 4 taraf konsentrasi AB mix , sehingga jumlah keseluruhan tanaman yang digunakan adalah 48 tanaman.  Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan ANOVA dan apabila terdapat pengaruh perlakuan yang berbeda nyata atau sangat nyata maka dilakukan uji lanjut dengan menggunakan uji Duncan DMRT pada taraf 95%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian nutrisi AB mix dan air kelapa berpengaruh sangat nyata pada variabel berat segar tanaman dengan rerata 32,67g, sedangkan faktor tunggal pemberian nutrisi AB mix tidak berpengaruh nyata pada semua variable pengamatan. Pada faktor tunggal perlakuan air kelapa berpengaruh nyata pada variabel tinggi tanaman.

Published
2022-11-30
How to Cite
PURWASITA, Dyta Romadhona; SOEPARJONO, Sigit. Pengaruh Konsentrasi Nutrisi Hidroponik dan Air Kelapa sebagai Hormon Tumbuh terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L). Berkala Ilmiah Pertanian, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 236-240, nov. 2022. ISSN 2338-8331. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BIP/article/view/35321>. Date accessed: 31 jan. 2023. doi: https://doi.org/10.19184/bip.v5i4.35321.
Section
Articles