PENERAPAN MODEL STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA KELAS VIII

  • Yulia Ningrum
  • Dwi Candra Setiawan

Abstract

Pendidikan merupakan suatu unsur yang tidak dapat dipisahkan dari manusia dan sangat besar artinya bagi kemajuan bangsa dan Negara, karena pendidikan merupakan sarana dan wahana yang sangat baik dalam pembinaan sumberdaya manusia (SDM), sehingga pola pendidikan perlu mendapatkan perhatian, penanganan dan prioritas yang baik dari pemerintah. Pengembangan manusia sangat dibutuhkan, salah satunya melalui proses penyadaran yang berusaha menggali dan mengembangkan potensi diri lewat metode dan model pembelajaran yang kreatif bahkan penggunaan media itu sendiri turut menunjang sekali terhadap keberhasilan belajar siswa. Salah satu model dan juga media yang dirasa dapat mengembangkan hal tersebut adalah Model Student Fasilitator and Explaining (SFAE) melalui Media Peta Konsep. Tujuan penelitian ini ialah menjelaskan meningkatkan hasil belajar kognitif IPA kelas VIII pada materi Sistem Ekskresi di MTs.NU Hasyim Asy’ari Tawangsari dengan menerapkan Model Student Fasilitator and Explaining (SFAE) menggunakan Media Peta Konsep. Dalam penelitian ini digunakan dua siklus dengan masing-masing siklus mempunyai 4 tahap. Tahap-tahap ini berupa siklus spiral yang meliputi kegiatan 1) perencanaan, 2) pemberian tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa MTs.NU Hasyim Asy’ari Tawangsari Kelas VII sebanyak 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan Model Student Fasilitator and Explaining (SFAE) melalui Media Peta Konsep dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa MTs.NU Hasyim Asy’ari Tawangsari Kelas VII.



Keywords: Model Student Fasilitator and Explaining, Media Peta Konsep, Kognitif

Published
2017-04-28
How to Cite
NINGRUM, Yulia; SETIAWAN, Dwi Candra. PENERAPAN MODEL STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA KELAS VIII. BIOEDUKASI, [S.l.], v. 14, n. 2, apr. 2017. ISSN 2580-0094. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BIOED/article/view/4534>. Date accessed: 18 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.