KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR UNIVERSITAS PAPUA

  • Sri Wahyu Widyaningsih FKIP UNIPA
  • Irfan Yusuf FKIP UNIPA

Abstract

Abstrak. Keterampilan Proses Sains (KPS) adalah salah satu keterampilan penting dalam praktikum untuk memahami proses ilmiah dan materi pelajaran sains. Nilai praktikum mahasiswa yang memprogram mata kuliah fisika dasar di Universitas Papua pada umumnya dalam kategori rendah. Nilai rendah dapat dikaitkan dengan rendahnya KPS mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain One-Shot Case Study yaitu menerapkan media laboratorium virtual (Lab-Vir) dalam pembelajaran, selanjutnya mengukur KPS mahasiswa berdasarkan soal KPS yang diberikan pada akhir pembelajaran. Purposive sample digunakan untuk memilih kelas jurusan pendidikan fisika dan matematika yang memprogram mata kuliah fisika dasar yaitu berjumlah 35 orang. KPS mahasisnya yang diukur meliputi mengidentifikasi variabel, mengungkapkan pengertian variabel, menginterpretasi data, mengklasifikasi data, menghubungkan antar data, memformulasikan model, menarik kesimpulan, dan menyatakan praduga sementara. Hasil penelitian menujukkan bahwa KPS mahasiswa secara keseluruhan 70,9 ± SD 11,6 atau berada dalam kategori baik.

Kata Kunci: Lab-Vir dan KPS


Author Biography

Sri Wahyu Widyaningsih, FKIP UNIPA

[1] dan 2]

 

[1] Dosen Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNIPA

[2] Dosen Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNIPA

Published
2016-08-01
How to Cite
WIDYANINGSIH, Sri Wahyu; YUSUF, Irfan. KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR UNIVERSITAS PAPUA. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 99-110, aug. 2016. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/4055>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles