PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN METODE PRESENTASI DAN DISKUSI KELOMPOK (SISWA KELAS III SDN CANDIJATI 01 ARJASA)

  • S Sukaedi

Abstract


 

Abstrak.  Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) sering dianggap remeh, mudah sehingga kurang mendapatkan respon yang baik dari siswa. Nilai ulangan siswa juga menunjukkan hasil yang belum optimal, masih jauh dibawah kriteria ketuntasan yang berlaku di SDN Candijati 1 Arjasa. Kondisi pembelajaran PKN yang bermasalah tersebut dapat diperbaiki dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan presentasi di depan kelas dan diskusi kelompok. Perhatian dan konsentrasi siswa selama pembelajaran dengan metode ini terjaga sehingga hasil belajar PKN dapat meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki kondisi pembelajaran PKN di kelas III SDN Candijati 01 Arjasa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode presentasi yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa Kelas III SDN Candijati  01 Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran presentasi; diskusi kelas; hasil belajar PKN

Author Biography

S Sukaedi

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN  DENGAN METODE PRESENTASI DAN DISKUSI KELOMPOK

(SISWA KELAS III SDN CANDIJATI  01 ARJASA)

 

 

 

Abstrak.  Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) sering dianggap remeh, mudah sehingga kurang mendapatkan respon yang baik dari siswa. Nilai ulangan siswa juga menunjukkan hasil yang belum optimal, masih jauh dibawah kriteria ketuntasan yang berlaku di SDN Candijati 1 Arjasa. Kondisi pembelajaran PKN yang bermasalah tersebut dapat diperbaiki dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan presentasi di depan kelas dan diskusi kelompok. Perhatian dan konsentrasi siswa selama pembelajaran dengan metode ini terjaga sehingga hasil belajar PKN dapat meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki kondisi pembelajaran PKN di kelas III SDN Candijati 01 Arjasa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode presentasi yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa Kelas III SDN Candijati  01 Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran presentasi; diskusi kelas; hasil belajar PKN


[1] Pengajar SDN Candijati 01 Arjasa

 

Published
2017-01-03
How to Cite
SUKAEDI, S. PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN METODE PRESENTASI DAN DISKUSI KELOMPOK (SISWA KELAS III SDN CANDIJATI 01 ARJASA). Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 21-30, jan. 2017. ISSN 0852601X. Available at: <http://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/3767>. Date accessed: 23 june 2017.
Section
Articles