MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn POKOK BAHASAN KEUTUHAN NKRI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA SISWA KELAS V-A SDN TANGGUL WETAN 04 KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER

  • Bambang Supriyanto FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Pendidikan budi pekerti ditengarai sebagai salah satu dimensi substansi pendidikan nasional penting yang belum sepenuhnya memberi dampak pembelejaran dan pengiring yang megembirakan. Hal tersebut tercermin dalam fenomena perilaku yang tidak santun, pelecehan hak asasi, perilaku kekerasan, penyalah gunaan kekuasaan, dan menurunnya penghormatan terhadap pemerintah. Pemerintah teleh mengambil kebijakan bahwa budi pekerti bukan sebagai mata palajaran yang berdiri sendiri, melainkan diajarkan dengan pendekatan integrasi ke dalam mata palejaran yang relevan, terutama ke dalam pelajaran pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan (PKn) dan Bahasa Indonesia. Guru kelas perlu menerapkan suatu model pengajaran yang diharapkan dapat digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan pelajaran PKn siswa secara efektif. Penerapan metode-metode mengajar yang bervariasi akan dapat mengurangi kejenuhan siswa dalam menerima pelajaran. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa adalah model pembelajaran Artikulasi. Model pembelajaran artikulasi ini akan diterapkan oleh guru pada mata pelajaran PKn, karena hasil  belajar  siswa  kelas  V-A  SDN Tanggul Wetan 04 Kecamatan Tanggul  pada  mata pelajaran  Pendidikan  Kewarganegaraan  masih tergolong rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas adalah suatu penyelidikan atau kajian secara sistematis dan terencana untuk memperbaiki dengan jalan mengadakan perbaikan atau perubahan dan mempelajari akibat yang ditimbulkannya. Hasil analisis pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 68,75%. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 90,62%. Hasil belajar siswa meningkat sebesar 21,87%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Artikulasi pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SDN Tanggul Wetan 04 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember.

 

Kata Kunci: Pembelajaran PKn, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Artikulasi


[1] Guru SDN Tanggul Wetan 04 Tanggul Jember

Published
2016-05-01
How to Cite
SUPRIYANTO, Bambang. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn POKOK BAHASAN KEUTUHAN NKRI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA SISWA KELAS V-A SDN TANGGUL WETAN 04 KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 39-50, may 2016. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/3019>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles