MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION ) PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SDN GADINGREJO 01 KECAMATAN UMBULSARI KABUPATEN JEMBER

  • Sri Andayani FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Pendidikan  Kewarganegaraan (PKn) merupakan bagian atau salah satu tujuan Pendidikan IPS, yaitu  bahan  pendidikan  yang  diorganisasikan  secara  terpadu  (integrated)  dari berbagai disiplin ilmu sosial, humaniora, dokumen negara, pancasila, UUD 1945, dan  perundang-undangan  negara,  dengan  tekanan,  bahan  pendidikan   pada hubungan  warga  negara  dengan  negara  dan  bahan  pendidikan  yang  berkenan dengan bela negara.Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang sesuai dengan isi Kurikulum 2006 adalah pendidikan tentang nilai-nilai yang sasarannya bukan semata-mata pengalihan pengetahuan melainkan lebih ditekankan pada pembentukan sikap. Mata pelajaran PKn meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotor, yang lebih menitikberatkan pada ranah afektif. Dari latar belakang tersebut di atas, maka diperlukan suatu model pengajaran yang diharapkan dapat digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan pelajaran PKn siswa secara efektif. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa adalah model pembelajaran TAI (Team-Assisted-Individualization). Model pembelajaran TAI memungkinkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran, mengembangkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan secara mandiri serta terciptanya kondisi pembelajaran yang kondusif bagi siswa untuk belajar. Penerapan model pembelajaran TAI (Team-Assisted-Individualization) diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa SDN Gadingrejo 01 yang masih rendah. Jenis penelitian yang dipilih, yaitu penelitian tindakan, yang berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi).Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TAI (Team-Assisted-Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Gadingrejo 01 Tahun Pelajaran 2014/2015. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64,52% dan siklus II mencapai 90,32%. Sehingga hasil belajar siswa meningkat 25,80%.

Kata kunci: model pembelajaran TAI (Team-Assisted-Individualization), hasil belajar.

Author Biography

Sri Andayani, FKIP UNEJ

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION ) PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SDN GADINGREJO 01 KECAMATAN UMBULSARI KABUPATEN JEMBER

Sri Andayani[1]

Abstrak. Pendidikan  Kewarganegaraan (PKn) merupakan bagian atau salah satu tujuan Pendidikan IPS, yaitu  bahan  pendidikan  yang  diorganisasikan  secara  terpadu  (integrated)  dari berbagai disiplin ilmu sosial, humaniora, dokumen negara, pancasila, UUD 1945, dan  perundang-undangan  negara,  dengan  tekanan,  bahan  pendidikan   pada hubungan  warga  negara  dengan  negara  dan  bahan  pendidikan  yang  berkenan dengan bela negara.Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang sesuai dengan isi Kurikulum 2006 adalah pendidikan tentang nilai-nilai yang sasarannya bukan semata-mata pengalihan pengetahuan melainkan lebih ditekankan pada pembentukan sikap. Mata pelajaran PKn meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotor, yang lebih menitikberatkan pada ranah afektif. Dari latar belakang tersebut di atas, maka diperlukan suatu model pengajaran yang diharapkan dapat digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan pelajaran PKn siswa secara efektif. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa adalah model pembelajaran TAI (Team-Assisted-Individualization). Model pembelajaran TAI memungkinkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran, mengembangkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan secara mandiri serta terciptanya kondisi pembelajaran yang kondusif bagi siswa untuk belajar. Penerapan model pembelajaran TAI (Team-Assisted-Individualization) diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa SDN Gadingrejo 01 yang masih rendah. Jenis penelitian yang dipilih, yaitu penelitian tindakan, yang berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi).Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TAI (Team-Assisted-Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Gadingrejo 01 Tahun Pelajaran 2014/2015. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64,52% dan siklus II mencapai 90,32%. Sehingga hasil belajar siswa meningkat 25,80%.

Kata kunci: model pembelajaran TAI (Team-Assisted-Individualization), hasil belajar.


[1] Guru SDN Gadingrejo 01 Umbulsari Jember

Published
2015-11-01
How to Cite
ANDAYANI, Sri. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION ) PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SDN GADINGREJO 01 KECAMATAN UMBULSARI KABUPATEN JEMBER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 37-48, nov. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2176>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles