MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA JAM MELALUI METODE MEKAR JAMSIA PADA SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR NEGERI TANGGUL WETAN 05 JEMBER

  • C Chotimah FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Tuntutan peningkatan kualitas pendidikan ini di hadapi oleh peneliti pada siswa kelas 2 SDN Tanggul Wetan 02 Tanggul, Jember, karena antara petunjuk pelaksanaan yang sudah ada terdapat banyak kendala yang di hadapi peneliti selaku pelaksana pendidikan antara lain keterampilan anak didik masih sangat rendah, terutama tentang ketrampilan menghitung, tingkat pengetahuan dan prestasi siswa dalam mata pelajaran matematika lebih rendah dari mata pelajaran yang lain, rata-rata siswa kelas 2 banyak yang belum bisa membaca Jam, dan suasana belajar kurang dinamis karena matematika dianggap pelajaran yang sangat menakutkan. Maka peneliti berupaya mencoba cara yang paling efektif dalam memperkenalkan konsep kepada anak didik mencari yang mudah, dekat dengan diri siswa sehingga pelajaran matematika tidak lagi merupakan pelajaran yang ditakuti, sehingga pelajaran matematika menjadi menyenangkan, yaitu peningkatan kemampuan membaca jam melalui metode Mekar Jamsia pada siswa kelas 2 SD Negeri Tanggul Wetan 05 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan desain pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan membaca jam melalui metode Mekar Jamsia pada siswa kelas 2 SD Negeri Tanggul Wetan 05 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Peningkatan perolehan nilai siswa pada siklus I dan II dapat dilihat dari siswa yang memperoleh nilai 60-70 berkurang dari 15 siswa (56%) menjadi 3 siswa (11%), nilai 71-80 naik dari 8 siswa (30%) menjadi 9 siswa (33%), siswa yang mendapat nilai 81-90 naik dari 4 siswa (15%) menjadi 9 siswa (33%) dan ada 6 siswa (22%) yang mendapat nilai di atas 90. Hal tersebut membuktikan bahwa peningkatan kemampuan membaca jam dapat dilakukan melalui metode Mekar Jamsia.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Membaca Jam, Metode Mekar Jamsia

Author Biography

C Chotimah, FKIP UNEJ
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA JAM MELALUI METODE MEKAR JAMSIA PADA SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR NEGERI TANGGUL WETAN 05 JEMBER Chotimah Abstrak. Tuntutan peningkatan kualitas pendidikan ini di hadapi oleh peneliti pada siswa kelas 2 SDN Tanggul Wetan 02 Tanggul, Jember, karena antara petunjuk pelaksanaan yang sudah ada terdapat banyak kendala yang di hadapi peneliti selaku pelaksana pendidikan antara lain keterampilan anak didik masih sangat rendah, terutama tentang ketrampilan menghitung, tingkat pengetahuan dan prestasi siswa dalam mata pelajaran matematika lebih rendah dari mata pelajaran yang lain, rata-rata siswa kelas 2 banyak yang belum bisa membaca Jam, dan suasana belajar kurang dinamis karena matematika dianggap pelajaran yang sangat menakutkan. Maka peneliti berupaya mencoba cara yang paling efektif dalam memperkenalkan konsep kepada anak didik mencari yang mudah, dekat dengan diri siswa sehingga pelajaran matematika tidak lagi merupakan pelajaran yang ditakuti, sehingga pelajaran matematika menjadi menyenangkan, yaitu peningkatan kemampuan membaca jam melalui metode Mekar Jamsia pada siswa kelas 2 SD Negeri Tanggul Wetan 05 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan desain pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan membaca jam melalui metode Mekar Jamsia pada siswa kelas 2 SD Negeri Tanggul Wetan 05 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Peningkatan perolehan nilai siswa pada siklus I dan II dapat dilihat dari siswa yang memperoleh nilai 60-70 berkurang dari 15 siswa (56%) menjadi 3 siswa (11%), nilai 71-80 naik dari 8 siswa (30%) menjadi 9 siswa (33%), siswa yang mendapat nilai 81-90 naik dari 4 siswa (15%) menjadi 9 siswa (33%) dan ada 6 siswa (22%) yang mendapat nilai di atas 90. Hal tersebut membuktikan bahwa peningkatan kemampuan membaca jam dapat dilakukan melalui metode Mekar Jamsia. Kata Kunci : Hasil Belajar, Membaca Jam, Metode Mekar Jamsia
Published
2015-08-01
How to Cite
CHOTIMAH, C. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA JAM MELALUI METODE MEKAR JAMSIA PADA SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR NEGERI TANGGUL WETAN 05 JEMBER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 51-60, aug. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1710>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles