MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MANAIKA PADA MATERI PARAFRASE PUISI SISWA KELAS 6 B SDN SEMBORO 01 JEMBER

  • Vivien Fidiawati FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan pemebelajaran yang mengajak siswa untuk berlatih dan belajar berbahasa melalui aspek keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Dengan memiliki keterampilan berbahasa Indonesia secara baik dan benar, kelak mereka diharapkan menjadi generasi yang cerdas, kritis, kreatif, dan berbudaya. Untuk itu guru harus memiliki tekhnik-tekhnik dalam mengajar Bahasa Indonesi, salah satunya dengan teknik Manaika (menambahi kata) dalam materi memparafrase puisi ini diharapkan kemampuan siswa akan semakin meningkat karena dengan metode baru ini siswa akan merasa tertarik dan tidak merasa bosan mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia yang selama ini dianggap sukar bagi siswa. Maka dari itu dilakukan penelitian dengan menggunakan teknik manaika. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran dengan menggunakan tekhik manaika, mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 6 B SDN Semboro 01 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: rata-rata peningkatan aktivitas siswa pra siklus sebesar 49%, siklus I 70%, dan pada siklus II meningkat menjadi 87%. Aktivitas siswa tersebut meliputi membuat puisi, diskusi, dan presentasi. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pra siklus sebesar 60, siklus I sebesar 78, dan siklus II sebesar 81. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan teknik manaika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 6 B SDN Semboro 01 Jember.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Teknik Manaika

Author Biography

Vivien Fidiawati, FKIP UNEJ
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MANAIKA PADA MATERI PARAFRASE PUISI SISWA KELAS 6 B SDN SEMBORO 01 JEMBER Vivien Fidiawati Abstrak. Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan pemebelajaran yang mengajak siswa untuk berlatih dan belajar berbahasa melalui aspek keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Dengan memiliki keterampilan berbahasa Indonesia secara baik dan benar, kelak mereka diharapkan menjadi generasi yang cerdas, kritis, kreatif, dan berbudaya. Untuk itu guru harus memiliki tekhnik-tekhnik dalam mengajar Bahasa Indonesi, salah satunya dengan teknik Manaika (menambahi kata) dalam materi memparafrase puisi ini diharapkan kemampuan siswa akan semakin meningkat karena dengan metode baru ini siswa akan merasa tertarik dan tidak merasa bosan mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia yang selama ini dianggap sukar bagi siswa. Maka dari itu dilakukan penelitian dengan menggunakan teknik manaika. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran dengan menggunakan tekhik manaika, mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 6 B SDN Semboro 01 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: rata-rata peningkatan aktivitas siswa pra siklus sebesar 49%, siklus I 70%, dan pada siklus II meningkat menjadi 87%. Aktivitas siswa tersebut meliputi membuat puisi, diskusi, dan presentasi. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pra siklus sebesar 60, siklus I sebesar 78, dan siklus II sebesar 81. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan teknik manaika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 6 B SDN Semboro 01 Jember. Kata Kunci : Hasil Belajar, Teknik Manaika
Published
2015-08-02
How to Cite
FIDIAWATI, Vivien. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MANAIKA PADA MATERI PARAFRASE PUISI SISWA KELAS 6 B SDN SEMBORO 01 JEMBER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 31-40, aug. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1708>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles