MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI MELALUI PEMBUATAN MINIATUR MUKA BUMI PADA SISWA KELAS 3 SD NEGERI SIDOMULYO 03

  • Sri Widayati FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Di kelas 3 SDN Sidomulyo 03 untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan materi Kenampakan Permukaan Bumi di lingkungan sekitar, dari 23 siswa yang mencapai ketuntasan belajar hanya 40%, guru mengajar dengan menggunakan media seadanya, siswa yang tidak mencapai ketuntasan belajar sebagian besar dari keluarga yang kemampuan ekonominya sedang. Rendahnya hasil belajar IPA disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, antusias siswa dalam belajar IPA rendah, kondisi lingkungan yang kurang mendukung siswa dalam belajar, dan kurangnya penggunaan media pembelajaran. Solusi yang di gunakan untuk memecahkan masalah tersebut adalah menggunakan permainan sains (Pembuatan Miniatur Muka Bumi) sehingga siswa dapat merencanakan, merancang, mengkonstruksi, melakukan eksperimen, dan merevisi gagasan mereka. Penelitian ini dilakukan peneliti dengan tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan permainan sains berupa miniatur muka bumi, dan mendeskrisikan pengaruh/dampak penggunaan permainan sains berupa miniatur muka bumi dalam pembelajaran terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes siswa tiap siklus (siklus I dan siklus II) mengalami peningkatan. Dari tabel rangkuman hasil nilai siswa berdasarkan kriteria nilai juga mengalami peningkatan. Kriteria nilai kurang Prasiklus 0%, siklus I 0% dan siklus II 0%. Kriteria nilai cukup Prasiklus 87%, siklus I 39%, dan siklus II 9%. Kriteria nilai baik Prasiklus 13%, siklus I 61%, dan siklus II 83%. Kriteria nilai baik sekali 9%.

Kata Kunci : Aktivitas Hasil Belajar, Kenampakan Permukaan Bumi, Miniatur Muka Bumi.

Author Biography

Sri Widayati, FKIP UNEJ
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI MELALUI PEMBUATAN MINIATUR MUKA BUMI PADA SISWA KELAS 3 SD NEGERI SIDOMULYO 03 Sri Widayati Abstrak. Di kelas 3 SDN Sidomulyo 03 untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan materi Kenampakan Permukaan Bumi di lingkungan sekitar, dari 23 siswa yang mencapai ketuntasan belajar hanya 40%, guru mengajar dengan menggunakan media seadanya, siswa yang tidak mencapai ketuntasan belajar sebagian besar dari keluarga yang kemampuan ekonominya sedang. Rendahnya hasil belajar IPA disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, antusias siswa dalam belajar IPA rendah, kondisi lingkungan yang kurang mendukung siswa dalam belajar, dan kurangnya penggunaan media pembelajaran. Solusi yang di gunakan untuk memecahkan masalah tersebut adalah menggunakan permainan sains (Pembuatan Miniatur Muka Bumi) sehingga siswa dapat merencanakan, merancang, mengkonstruksi, melakukan eksperimen, dan merevisi gagasan mereka. Penelitian ini dilakukan peneliti dengan tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan permainan sains berupa miniatur muka bumi, dan mendeskrisikan pengaruh/dampak penggunaan permainan sains berupa miniatur muka bumi dalam pembelajaran terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes siswa tiap siklus (siklus I dan siklus II) mengalami peningkatan. Dari tabel rangkuman hasil nilai siswa berdasarkan kriteria nilai juga mengalami peningkatan. Kriteria nilai kurang Prasiklus 0%, siklus I 0% dan siklus II 0%. Kriteria nilai cukup Prasiklus 87%, siklus I 39%, dan siklus II 9%. Kriteria nilai baik Prasiklus 13%, siklus I 61%, dan siklus II 83%. Kriteria nilai baik sekali 9%. Kata Kunci : Aktivitas Hasil Belajar, Kenampakan Permukaan Bumi, Miniatur Muka Bumi.
Published
2015-08-01
How to Cite
WIDAYATI, Sri. MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI MELALUI PEMBUATAN MINIATUR MUKA BUMI PADA SISWA KELAS 3 SD NEGERI SIDOMULYO 03. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 1-10, aug. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1704>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles