Kajian Yuridis Tentang Izin Pedagang Kaki Lima Di Jalan Jawa Untuk Mewujudkan Penyelenggaraan Pemerintahan Yang Baik (Good Governance) Di Wilayah Kabupaten Jember

  • Ryza Dwi Erlinda Hukum Tata Negara, Fakultas Hukum, Universitas Jember (UNEJ) Jln.Kalimantan 37, Jember 68121
  • Asmara Budi Dyah Darma Sutji Hukum Tata Negara, Fakultas Hukum, Universitas Jember (UNEJ) Jln.Kalimantan 37, Jember 68121
  • Rosita Indrayati Hukum Tata Negara, Fakultas Hukum, Universitas Jember (UNEJ) Jln.Kalimantan 37, Jember 68121

Abstract




Perkembangan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Jawa tidak terelakkan perkembangannya dari tahun ke tahun semakin banyak dan padat seiring dengan keberadaan mahasiswa yang semakin banyak menuntut ilmu di Universitas Jember. Kadangkala keberadaan Pedagang Kaki Lima tersebut menimbulkan ketidaknyamanan terhadap jalannya lalu lintas disekitar. Pemerintah daerah dalam hal ini mempunyai kewenangan mengatur permasalahan tersebut untuk mewujudkan Pemerintahan yang Baik (Good Governance) sesuai dengan asas-asas penyelenggaraan Pemerintahan yang Baik (AUPB). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang tindakan pemerintah yang dilakukan untuk menangani permasalahan Pedagang Kaki Lima, kemudian bagaimanakah fakta di masayrakat khususnya mengenai Pedagang Kaki Lima (PKL) apakah sesuai apa yang diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku yaitu apa yang diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 6 tahun 2008 tentang Pedagang Kaki Lima.


Kata Kunci : Pedagang Kaki Lima, Tindakan Pemerintah, Izin, Pemerintahan yang Baik




Published
2014-03-31
How to Cite
ERLINDA, Ryza Dwi; DARMA SUTJI, Asmara Budi Dyah; INDRAYATI, Rosita. Kajian Yuridis Tentang Izin Pedagang Kaki Lima Di Jalan Jawa Untuk Mewujudkan Penyelenggaraan Pemerintahan Yang Baik (Good Governance) Di Wilayah Kabupaten Jember. Lentera Hukum, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 33-42, mar. 2014. ISSN 2621-3710. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ejlh/article/view/562>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/ejlh.v1i1.562.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.