MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN IPA DENGAN METODE GAME PARASUT ILMU PLUS DI KELAS IIIB SDLBN KEDUNGKANDANG MALANG

  • . Setiawan

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPA dengan metode Game Parasut Ilmu Plus di kelas III B SDLBN Kedungkandang Malang, pada semester II tahun pelajaran 2012-20013 dengan jumlah siswa 4 orang dimana prestasi belajar siswa perlu ditingkatkan. Metode belajar yang digunakan adalah Metode Game Parasut Ilmu Plus. Metode Game Parasut Ilmu Plus adalah metode kegiatan belajar mengajar dengan mengajak siswa bermain dengan game yang berbentuk parasut ilmu plus. Metode Game Parasut Ilmu Plus diambil dari parasut ilmu yang digunakan untuk meningkatkan kecerdasan logika/ matematika dalam buku Strategi dan Proyek Pembelajaran Aktif. Metode Parasut Ilmu Plus ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini berlangsung 3 siklus dengan mengobservasi prestasi belajar siswa dengan memberikan tes dan observasi praktek game parasut ilmu ditiap siklusnya. Data yang dikumpulkan dengan tehnik observasi,catatan lapangan berupa nilai tes, observasi dan dokumentasi. Adapun Indikator untuk siswa yang dinyatakan memiliki prestasi belajar adalah siswa yang mendapat nilai diatas nilai rata-rata sebelumnya pada setiap observasi dan tes formatif. Prestasi belajar siswa dikatakan meningkat jika presentase masing-masing kegiatan mencapai nilai rata-rata 75 atau lebih dan sebaliknya dinyatakan tidak meningkat jika kurang dari 75. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa meningkat dengan menggunakan Metode Game Parasut Ilmu Plus, hal ini dibuktikan dengan presentase rata-rata hasil observasi prestasi belajar siswa dengan hasil tes formatif dan observasi rata-rata hasilnya 84 (ada peningkatan sebelumnya).
Published
2013-12-01
How to Cite
SETIAWAN, .. MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN IPA DENGAN METODE GAME PARASUT ILMU PLUS DI KELAS IIIB SDLBN KEDUNGKANDANG MALANG. Saintifika, [S.l.], v. 15, n. 2, dec. 2013. ISSN 2502-2768. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/1437>. Date accessed: 29 apr. 2024.
Section
Articles