RETHINKING OF DEVELOPMENT OF WORKER CO-OPERATIVES IN INDONESIA

  • Aditya Wardhono
  • Lukman M. Baga
  • Asep Mulyana

Abstract

Menghadapi era globalisasi berbagai bisnis/profesi masyarakat Indonesia terancam oleh masuknya pendatang luar negeri yang memiliki sumberdaya yang lebih mampu dan professional. Hasil program dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia masih belum optimal tanpa adanya kegiatan sinergi diantara sumberdaya manusia dalam bisnis/profesi tertentu dalam isu-isu yang yang ada di dalamnya, karena isu tersebut tidak hanya rendahnya kinerja yang kompetitif pada sumberdaya internal tetapi juga bagaimana memperkuat posisi tawar, kemudian konsep koperasi antar manusia juga relevan dan bagaimanapun sangat penting untuk diperkenalkan pada masyarakat Indonesia. Koperasi pekerja sudah terkenal dan banyak dikembangkan di negara maju dan beberapa negara berkembang, akan tetapi masih belum diaplikasikan di Indonesia. Koperasi Pekerja masih rancu dengan istilah Koperasi Karyawan yang menyebabkan pentingnya koperasi pekerja dikaji lebih lanjut. Terdapat perbedaan antara kedua koperasi tersebut.

Kata Kunci: Koperasi pekerja, Daya tawar, Sumberdaya Manusia

Published
2008-07-01
How to Cite
WARDHONO, Aditya; BAGA, Lukman M.; MULYANA, Asep. RETHINKING OF DEVELOPMENT OF WORKER CO-OPERATIVES IN INDONESIA. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 47-50, july 2008. ISSN 2356-2382. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JSEP/article/view/425>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.