PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA MODEL LEARNING CYCLE 7E UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PENYELESAIAN MASALAH SISWA PADA POKOK BAHASAN KALOR DI SMPN 2 BANYUWANGI

  • Selly Candra Citra Murti Dosen Teknologi Hasil Pertanian, Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA model learning cycle 7E yang valid, praktis, dan efektif untuk melatih ketrampilan penyelesaian masalah siswa pada pokok bahasan kalor. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan tiga tahap dari model 4-D (Four-D Model), yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 2 Banyuwangi semester genap tahun ajaran 2014/2015 dengan desain uji coba dua menggunakan Onegroup Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) perangkat pembelajaran IPA yang dikembangkan (Silabus, RPP, LKS, Buku siswa, dan Instrumen penilaian) berkategori valid, tingkat keterbacaan Buku Siswa tergolong sangat sesuai (instruksional), 2) pembelajaran menggunakan model learning cycle 7E ditinjau dari keterlaksanaan RPP berkategori praktis dan kendala yang ditemukan selama proses pembelajaran telah diberikan alternatif solusi, 3) terdapat ketuntasan nilai keterampilan penyelesaian masalah siswa dan terdapat respon positif siswa selama proses pembelajaran, Disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan keterampilan penyelesaian masalah siswa.

Kata kunci: pembelajaran IPA, model learning cycle 7E, keterampilan penyelesaian masalah, kalor.

Published
2016-05-23
How to Cite
CITRA MURTI, Selly Candra. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA MODEL LEARNING CYCLE 7E UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PENYELESAIAN MASALAH SISWA PADA POKOK BAHASAN KALOR DI SMPN 2 BANYUWANGI. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 701-716, may 2016. ISSN 2721-1959. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3717>. Date accessed: 29 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.