LKS MULTIREPRESENTASI DISERTAI KARTUN FISIKA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA/MA

  • Nicky Anggraini Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah produk pembelajaran berupa LKS Multirepresentasi disertai Kartun Fisika dalam pembelajaran fisika di SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dan menggunakan desain penelitian 4D yang kemudian dimodifikasi menjadi 3D (Define, Design, dan Develop). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2016 di MAN 2 Jember pada kelas X IPA 2. Perlunya sebuah bahan ajar yang dapat menjelaskan konsep fisika dengan empat representasi, yaitu representasi verbal, matematik, grafik, dan gambar guna untuk mengukur kemampuan multirepresentasi siswa pada pokok bahasan fluida statis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Tehnik perolehan data menggunakan lembar validasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan berkategori valid dengan skor perolehan rata-rata 87,93% yang diperoleh berdasarkan penskoran dari validator yang dirata-rata berdasarkan aspek penilaian. Kemampuan multirepresentasi verbal, matematik, grafik, dan gambar diuji menggunakan N-gain dengan hasil tes esaay siswa didapatkan nilai sebesar nilai 0,595. Nilai tersebut berada pada rentang ( 0,3≤ g ≤ 0,7 ), sehingga nilai yang didapat berkategori sedang. Prosentase perbedaan skor pre-test dan skor post-test sebesar 36%.


Kata Kunci:Multirepresentasi, Lembar Kerja Siswa

Published
2016-05-23
How to Cite
ANGGRAINI, Nicky. LKS MULTIREPRESENTASI DISERTAI KARTUN FISIKA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA/MA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 470-483, may 2016. ISSN 2721-1959. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3618>. Date accessed: 29 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.