ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA PADA MATERI FLUIDA STATIS

  • Wahyu Pramudita Sari S2 Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Abstract

Kreativitas dalam bidang pendidikan sains menjadi salah satu kebutuhan yang penting, terutama dalam konteks pembelajaran di sekolah. Salah satu disiplin ilmu sains Fisika, menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Keterampilan berpikir kreatif bertujuan merangsang keingintahuan dan melatih berpikir divergen dalam menyelesaikan permasalahan fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X SMAN 9 Malang pada materi fluida statis. Subjek penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu sebanyak 54 siswa. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal uraian keterampilan berpikir kreatif pada materi fluida statis sebanyak 6 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa cukup rendah dengan persentase rata-rata yang diperoleh sebesar 39,76%. Secara rinci dapat dijabarkan untuk masing-masing dimensi keterampilan berpikir kreatif pada siswa adalah Fluency sebesar 33,80%, Originality sebesar 38,43%, Elaborate sebesar38,89%, dan Flexibility sebesar47,92%.


Kata Kunci: Analisis, Keterampilan Berpikir Kreatif, dan Fluida Statis

Published
2016-05-23
How to Cite
SARI, Wahyu Pramudita. ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA PADA MATERI FLUIDA STATIS. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 307-317, may 2016. ISSN 2721-1959. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3602>. Date accessed: 20 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.