Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Format file naskah yang bisa diterima adalah format OpenOffice, Microsoft Word, dan RTF. Naskah diketik dengan kertas ukuran A4, dengan spasi 1 1/2, dengan jumlah halaman maksimal 15 lembar.
  • Setiap pengiriman naskah harus disertai riwayat hidup penulis secara singkat.
  • Penulis sanggup dan wajib melakukan revisi naskah sesuai dengan saran penilai dalam batas waktu yang ditentukan.

Author Guidelines

I. Susunan komponen yang harus ada untuk artikel hasil penelitian

a. JudulWajib ada judul dalam bahasa Inggris. Untuk naskah berbahasa Indonesia selain judul dalam Bahasa Indonesia, juga adajudul dalam Bahasa Inggris. Judul cukup ringkas (dalam Bahasa Indonesia 12-14 kata, dalam Bahasa Inggris kurang lebih 10 kata).

b. Penulis: nama dan alamat lengkap (dapat dihubungi pos), lembaga asal semua penulis.

c. AbstrakWajib ada dalam bahasa Inggris. Abstrak singkat dan jelas mencakup tujuan & ruang lingkup penelitian, metode yang digunakan, ringkasan hasil, kesimpulan. Abstrak terdiri atas 100-150 kata, tidak diperkenankan menulis rujukan, menyajikan gambar ataupun tabel didalam abstrak.

d. Keywords: kata-kata (dalam bahasa Inggris) untuk melacak informasi topik-topik yang terkait dengan artikel yang ditulis.

e. Pendahuluan: secara implisit (tanpa pembagian sesi/subsesi) memuat latar belakang, kajian pustaka yang relevan (termasuk penelitian sejenis yang telah/tengah berlangsung) dan tujuan ingin dicapai dari penelitian yang dilaksanakan atau kajian yang dilakukan

f. Metode: berisi uraian jelas tentang bahan dan prosedur penelitian serta metode khusus yang dipergunakan dalam penelitian.

g. Hasil dan Pembahasan: memuat hasil, ilustrasi, dengan uraian tentang interpretasi, generalisasi, dan implikasi, harus dikaitkandengan dengan hasil penelitian lain yang menjadi rujukan.

h. Kesimpulan: berisi secara singkat dan jelas esensi hasil penelitian, penalaran penulis secara logis dan jujur berdasarkan fakta yang diperoleh.

i. Daftar Pustaka. Ditulis dengan benar sesuai format yang berlaku pada jurnal ini. Lihat penjelasan lebih detil diharapkan lebih dari 50% menggunakan rujukan dari jurnal ilmiah.

II. Tatasaji ilustrasi Gambar dan Tabel:

a. Penomoran Tabel dan Gambar dilakukan secara berurutan sesuai urutan kemunculannya.

b. Penyajian Gambar disajikan tanpa bingkai, dengan detail (angka, simbol, garis) yang terbaca jelas. Gambar berupa foto mikro, harus menyertakan skala perbandingan gambar dengan benda aslinya. Gambar yang berasal dari sumber lain harus menyertakan rujukan.

c. Penyajian Tabel disajikan tanpa garis vertikal dan hanya memuat garis horizontal untuk heading dan bagian akhir.

d. Perujukan Gambar dan Tabel. Penyajian ilustrasi berupa gambar atau tabel harus dirujuk dalam pembahasan.

III. Perujukan dan Daftar Pustaka

a. Harus ada konsistensi antara perujukan dalam teks dengan Daftar Pustaka, baik tentang nama penulis maupun tahun penerbitan.

b. Perujukan dalam teks dilakukan dengan format “(Nama_Pengarang Tahun, Nama_Pengarang2 Tahun)” atau “Nama_Pengarang (Tahun)”, tanpa nomor halaman. Penulis yang terdiri dari 2 orang dipergunakan simbol ”&” sebagai pengganti ”dan/and”. Untuk pengarang lebih dari dua, dalam teks dipergunakan format Penulis_pertama et al. Sedangkan dalam daftar pustaka semuanya harus ditulis lengkap.

c. Penulisan Daftar Pustaka

i. Daftar Pustaka ditulis berdasarkan urutan abjad huruf petama dari penulis (penulis pertamanya) serta diurut menurut tahun terbitnya.

ii. Penulis yang sama dengan daftar sebelumnya tetap ditulis lengkap (bukan menggunakan ----------)

iii. Penulis lebih dari satu, semua penulis ditulis lengkap dengan format Nama_keluarga (atau yang dianggap nama keluarga) Singkatan nama depan. Tahun Terbit. ....

iv. Pustaka dari Buku. Nama_Penulis. Tahun. Judul Buku (ditulis miring). Kota: Penerbit.

v. Pustaka dari Jurnal. Nama_Penulis. Tahun. Judul_Artikel (biasa). Judul Jurnal (ditulis miring). Nomor vol (no isu tidaktebal): halaman. Singkatan nama jurnal harus sesuai dengan singkatan resmi dari jurnal bersangkutan dan dilakukan secara konsisten.

vi. Pustaka dari Skripsi/Tesis/Disertasi atau laporan lain yang tidak dipublikasi. Nama_Penulis. Tahun. Judul Tulisan (ditulis miring). [Tesis/Skripsi/Laporan yang tidak terpublikasi pada Nama_Instansi]

vii. Pustaka dari Internet. Nama_Penulis. Tahun. Judul Tulisan (ditulis miring). Alamat_Situs [Tanggal Akses oleh penulis]