Analisis Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Listrik Dinamis

  • Aris Singgih Budiarso Universitas Jember

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan perangkat pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA pada materi listrik dinamis. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Kemp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengembangan perangkat pembelajaran fisika layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika SMA dengan hasil sebagai berikut: rencana pelaksanaan pembelajaran mendapatkan skor 3,43 (valid), buku ajar siswa mendapatkan skor 3,30 (valid), lembar kerja siswa mendapatkan skor 3,30 (valid), tes hasil belajar kognitif siswa mendapatkan skor 3,35 (valid), lembar pengamatan psikomotor siswa mendapat skor 3,67 (sangat valid), dan lembar pengamatan afektif siswa mendapat skor 3,67 (sangat valid).


 


Kata Kunci : model inkuiri terbimbing, validitas perangkat pembajaran fisika.


 

Published
2017-08-14
How to Cite
BUDIARSO, Aris Singgih. Analisis Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 15-20, aug. 2017. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/5204>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i2.5204.
Section
Articles