Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X SOS 2 di SMAN 4 Jember Tahun Ajaran 2014/2015

  • Rahayu Fitrianingsih Universitas Jember
  • Nurul Umamah Universitas Jember
  • Moh Naim Universitas Jember

Abstract

Tujuan pembelajaran sejarah adalah mengkaji nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa masa lampau, sehingga peserta didik dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir kritis. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa peserta didik kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran sejarah. Kemampuan berpikir kritis kurang terasah sehingga berdampak pada hasil belajar yang kurang optimal. Hal ini disebabkan penerapan model pembelajaran sebelumnya oleh pendidik kurang optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut pendidik mengubah model pembelajaran menjadi Project Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar menggunakan Project Based Learning pada peserta didik kelas X SOS 2 SMAN 4 Jember. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Januari sampai bulan Februari 2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SOS 2 SMAN 4 Jember dengan jumlah 36 peserta didik. Indikator yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah peserta didik. Hasil penelitian kemampuan berpikir kritis peserta didik secara klasikal pada siklus 1 memperoleh sebesar 69,58% dengan kategori kurang baik, pada siklus 2 meningkat 4,73% menjadi 74,31% dengan kategori cukup baik dan pada siklus 3 meningkat 8,47% menjadi 82,78% dengan kategori baik. Pada siklus 1 hasil belajar kognitif memperoleh persentase 75%, pada siklus 2 meningkat 5,56% menjadi 80,56%, pada siklus 3 meningkat 5,55% menjadi 86,11%. Hasil belajar psikomotor pada siklus 1 sebesar 69,05%, pada siklus 2 meningkat 4,81% menjadi 73,86%, dan pada siklus 3 meningkat 12,01% menjadi 85,87%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek  dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah pada peserta didik kelas X SOS 2 SMAN 4 Jember.


 


Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik, Hasil Belajar Sejarah

Published
2015-03-01
How to Cite
FITRIANINGSIH, Rahayu; UMAMAH, Nurul; NAIM, Moh. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X SOS 2 di SMAN 4 Jember Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 32-36, mar. 2015. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3511>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3511.