Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VA SDN Ajung 03

  • Lutfiana Indah Sari Universitas Jember
  • Hari Satrijono Universitas Jember
  • S Sihono Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas VA SDN Ajung 03 bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa melalui penerapan model Pembelajarn Berbasis proyek (Project Based Learning). Hal ini dikarenakan terdapat permasalahan bahwa hasil belajar keterampilan berbicara siswa masih rendah sehingga diperlukan model pembelajaran. Model pembelajaran ini adalah model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 30 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) adalah sebanyak dua siklus. Siklus I dan siklus II terdiri atas dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VA SDN Ajung 03 meningkat. Peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dapat diketahui dari perbandingan skor hasil belajar keterampilan berbicara prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap prasiklus sebanyak 1 siswa (3,33%) tergolong sangat baik, 7 siswa (23,33%) tergolong baik, 15 siswa ( 50%) tergolong sedang/cukup dan 7 siswa (23,33%) tergolong kurang. Setelah diterapakan tindakan siklus I, Sebanyak 6 siswa (20%) tergolong sangat baik, 9 siswa (30%) tergolong baik, 1 siswa (3,33%) tergolong sedang/cukup dan 14 siswa (46,67%) tergolong kurang. Hasil tes belajar keterampilan berbicara setelah dilakukan siklus II, sebanyak 16 siswa (53,33%) tergolong sangat baik, 8 siswa (26,67%) tergolong baik, 6 siswa (20%) tergolong sedang/cukup. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VA SDN Ajung 03.


 


Kata Kunci: berbicara,hasil belajar, pembelajaran berbasis proyek

Published
2015-03-01
How to Cite
SARI, Lutfiana Indah; SATRIJONO, Hari; SIHONO, S. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VA SDN Ajung 03. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 11-14, mar. 2015. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3404>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3404.
Section
Articles