PENGGUNAAN COMPACT DISC (CD) PEMBELAJARAN BENTUK FILM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI A JURUSAN IPS SMA NURIS JEMBER PADA MATA PELAJARAN EKONOMI STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI KONDISI KETENAGAKERJAAN, KOMP

  • Priya Darmawan Universitas Jember
  • Sri Kantun Universitas Jember
  • Hety Mustika Ani Universitas Jember

Abstract

Abstrak


Motivasi dan hasil belajar siswa dikelas XI-A SMA Nuris Jember masih rendah, selain itu nilai rata-rata ulangan harian masih di bawah SKM. Hal tersebut dikarenakan penggunaan media pembelajaran masih konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Dalam rangka memperbaiki proses pembelajaran yang telah berlangsung selama ini, diperlukan media pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi sekaligus hasil belajar siswa adalah media pembelajaran CD bentuk film. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan,  observasi, dan refleksi. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive. Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan metode populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran CD bentuk film dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI A SMA Nuris Jember pada mata pelajaran ekonomi standar kompetensi memahami kondisi ketenagakerjaan  kompetensi dasar mengklasifikasi ketenagakerjaan tahun ajaran 2012/2013. Peningkatan pada siklus I yaitu 73 dengan ketuntasan kiasikal sebesar 70% dan meningkat lagi pada siklus II yaitu 80,12 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87,5% dengan kata lain ketuntasan siswa telah tuntas..


 


Kata Kunci : Motivasi siswa, hasil belajar siswa, media pembelajaran CD bentuk film

Author Biography

Priya Darmawan, Universitas Jember

Priya Darmawan, Sri Kantun, Hety Mustika Ani

Published
2014-03-01
How to Cite
DARMAWAN, Priya; KANTUN, Sri; ANI, Hety Mustika. PENGGUNAAN COMPACT DISC (CD) PEMBELAJARAN BENTUK FILM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI A JURUSAN IPS SMA NURIS JEMBER PADA MATA PELAJARAN EKONOMI STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI KONDISI KETENAGAKERJAAN, KOMP. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 15-20, mar. 2014. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/1027>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i1.1027.
Section
Articles