Kompetensi SDM dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Karyawan Bagian Akuntansi KSP di Kabupaten Jepara

  • Fatchur Rohman FEB UNISNU Jepara

Abstract

Koperasi sampai saat ini masih dihadapkan pada permasalahan rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM) dan terbatasnya sumber dana yang dimiliki dalam melaksanakan kegiatan usahanya. SDM yang rendah berakibat pada kinerja koperasi itu sendiri yang biasanya dilihat dari beberapa faktor diantarannya dari kesehatan koperasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah knowledge, skill dan ability berpengaruh terhadap kinerja karyawan bagian akuntansi, dan variable apa yang paling dominan berpengaruh. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompetensi (knowledge, skill dan ability) terhadap kinerja karyawan bagian akuntansi, dan menganalisis variable yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja. Pendekatan penelitian adalah kuantitaif dengan menggunakan data yang diambil dari hasil kuesioner yang diberikan kepada 36 karyawan KSP di Kabupaten Jepara. Sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling dan memenuhi kriteria pemilihan sampel. Regresi berganda digunakan untuk menilai dampak dari kompetensi sumberdaya manusia terhadap kinerja karyawan bagian akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa knowledge mempengaruhi kinerja karyawan secara signifikan, skill mempengaruhi kinerja karyawan secara signifikan, ability mempengaruhi kinerja karyawan secara signifikan dan variable skill merupakan variable yang mempengaruhi paling dominan. Ini membuktikan bahwa kinerja karyawan bagian akuntansi KSP Di Kabupaten Jepara sangat dipengaruhi oleh kompetensi karyawan tersebut terutama skill.

Published
2016-05-16
How to Cite
ROHMAN, Fatchur. Kompetensi SDM dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Karyawan Bagian Akuntansi KSP di Kabupaten Jepara. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 62-67, may 2016. ISSN 2459-9816. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEAM/article/view/1796>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jeam.v15i1.1796.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.