PENGARUH PELAYANAN FISKUS DAN TINGKAT KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP PERILAKU PENGHINDARAN PAJAK, KEPATUHAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

  • Suyanto Suyanto

Abstract

Hubungan antara pelayanan fiskus dan tingkat kesadaran wajib pajak menarik banyak perhatian peneliti. Penelitian ini menguji antara pengaruh pelayanan fiskus dan tingkat kesadaran wajib pajak, kepatuhan wajib pajak sebagai variabel pemoderasi.
Data dikumpulkan dari kuisioner dengan menggunakan purposive sampling pada wajib pajak pribadi dan wajib pajak institusi di Yogyakarta. Jumlah kuisioner yang didistribusikan adalah 90 kuisioner dan kuisioner yang kembali 79 atau respon rate 87,78%. Setelah dilakukan penyeleksian terhadap kuesioner terdapat 4 kuesioner harus dikeluarkan dari sampel, kuesioner yang dapat dianalisis 75 kuesioner dianalisa dengan menggunakan analisa regresi.
Hasil menunjukkan bahwa interaksi antara pelayanan fiskus dan kepatuhan wajib pajak secara statistik signifikan pada p 0,022 (p<0,05). Dan interaksi antara kesadaran wajib pajak dan kepatuhan wajib pajak secara statistik signifikan pada p 0,045 (p<0,05). Secara statistik semua hipotisis yang peneliti ajukan terdukung oleh data.

Kata kunci: Pelayanan Fiskus, Kesadaran Wajib Pajak, Perilaku Penghindaran Pajak, dan Kepatuhan Wajib Pajak.
How to Cite
SUYANTO, Suyanto. PENGARUH PELAYANAN FISKUS DAN TINGKAT KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP PERILAKU PENGHINDARAN PAJAK, KEPATUHAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 1, feb. 2015. ISSN 2459-9816. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEAM/article/view/1198>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.