RASIO–RASIO YANG MEMBEDAKAN (DISCRIMINATOR) KINERJA KEUANGANleverage multiplierANTARA KELOMPOK PERBANKAN SYARIAH DAN KELOMPOK PERBANKAN KONVENSIONALDI INDONESIA

  • Lely Ana Ferawati Ekaningsih
  • Ahmad Roziq

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji kemampuan yang dimiliki oleh rasio–rasio keuangan yang terdiri CR, QR, LDR, CAR, DRR, GPM, NPM, ROA, ROE, LM, AU dalam membedakan (discriminator) kinerja keuangan antara kelompok perbankan syariah dan kelompok perbankan konvensional, serta untuk menganalisis penilaian kinerja keuangan perbankan yang paling baik antara kelompok perbankan syariah dan kelompok perbankan konvensional.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dari 11 (sebelas) rasio keuangan yang dianalisis terdapat 5 (lima) rasio keuangan yang memiliki kemampuan membedakan (discriminator) secara signifikan antara kelompok perbankan syariah dan kelompok perbankan konvensional. Rasio-rasio tersebut antara lain: CR, GPM, ROE, NPM dan AU. Sedangkan 6 (enam) rasio keuangan yang lain tidak memiliki kemampuan membedakan (bukan discriminator) yang signifikan antara kelompok perbankan syariah dan kelompok perbankan konvensional yang diantaranya adalah: QR, L/FDR, CAR, DRR, ROA, dan LM. Berdasarkan perbandingan score diskriminan dapat disimpulkan kinerja keuangan perbankan syariah lebih baik daripada kinerja keuangan perbankan konvensional

Kata Kunci: Bank Syariah, Bank Konvensional, Rasio-rasio Keuangan.
How to Cite
EKANINGSIH, Lely Ana Ferawati; ROZIQ, Ahmad. RASIO–RASIO YANG MEMBEDAKAN (DISCRIMINATOR) KINERJA KEUANGANleverage multiplierANTARA KELOMPOK PERBANKAN SYARIAH DAN KELOMPOK PERBANKAN KONVENSIONALDI INDONESIA. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 1, feb. 2015. ISSN 2459-9816. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEAM/article/view/1195>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.