ANALISIS PERBANDINGAN PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Lely Ana Ferawati Ekaningsih

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menguji perbandingan dan perbedaan EVA, MVA dan Rasio-rasio Profitabilitas dalam penilaianKinerja keuangan Perusahaan antara Perusahaan Manufaktur dan Non Manufaktur di Bursa Efek Indonesiadan 2) menganalisis penilaian kinerja keuangan perusahaan yang paling baik antarakelompok Perusahaan Manufaktur dan Non Manufaktur di Bursa Efek Indonesia.Sampel penelitian diambil dengan menggunakan purposive sampling dan diperoleh 125perusahaan manufaktur dan 80 perusahaan non manufakturyang listed di BEI dengan periode penelitian 2006-2008. Penelitian ini menggunakan Multiple Analysis Of Variance/MANOVA untuk menghitung pengujian signifikansi perbedaan rata-rata secara bersamaan antara kelompok perusahaan manufaktur dan non manufaktur untuk dua atau lebih variabel tergantung.Hasil pengujian MANOVA menunjukkan bahwa dari variabel yang diteliti menunjukkan bahwa ada perbedaan antara variabel OPM, ROA, dan ROS antara perusahaan manufaktur dan non manufaktur. Sedangkan variabel EVA, MVA, ROE, dan EPS secara univariat variabel tidak signifikan dan tidakberbeda antara perusahaan manufaktur dan non manufaktur.
Dari hasil perhitungan Statistik Deskriptif menunjukkan bahwapenilaian kinerja keuangan perusahaan yang paling baik antara kelompok perusahaan manufaktur dan non manufaktur di BEI untuk variabel EVA, MVA, OPM, ROA, ROS terdapat pada perusahaan non manufaktur. Sedangkan variabel EPS yang paling baik adalah terdapat pada perusahaan manufaktur.

Kata Kunci: EconomicValue Added, Market Value Added, Rasio Profitabilitas, Operating Profit Margin, Return On Asset, Return On Equity, Earning Per Share, Return On Sales
Published
2015-03-31
How to Cite
EKANINGSIH, Lely Ana Ferawati. ANALISIS PERBANDINGAN PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA. JURNAL AKUNTANSI UNIVERSITAS JEMBER, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 17-30, mar. 2015. ISSN 2460-0377. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JAUJ/article/view/1237>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jauj.v9i2.1237.
Section
Articles