PENINGKATAN MOTIFASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PLUS

  • Nur Hasanah Ridlwan

Abstract

Abstract— Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw Plus.  Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua (2) siklus dengan subjek penelitian siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Sidayu yang terdiri dari 14 siswa dan 16 siswi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw Plus dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.  Dengan hasil yang didapatkan, motivasi sebesar 86 % sedangkan hasil belajar mencapai 87 %.
Keywords: Motivasi, hasil belajar, jigsaw plus.

Published
2017-04-15
How to Cite
RIDLWAN, Nur Hasanah. PENINGKATAN MOTIFASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PLUS. BIOEDUKASI, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 14-19, apr. 2017. ISSN 2580-0094. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BIOED/article/view/4716>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/bioedu.v15i1.4716.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.